Kodim 0613 Ciamis Laksanakan Kegiatan Panen Raya Jagung

Buletin Indonesia News.com

Ciamis, — Komando Distrik Militer 0613/Ciamis melaksanakan kegiatan panen raya jagung di lahan pertanian di kawasan Lahan PTPN VIII Lemahneundeut, Desa Tanjungjaya, Kecamatan Cisaga, Kabupaten Ciamis, Rabu (01/02/2023).

Panen raya jagung ini dilaksnaakan langsung oleh Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., bersama Bupati Ciamis H. Herdiat Sunarya dan unsur Forkopimda Kabupaten Ciamis. Dimana unsur Forkopimda yang hadir meliputi Wakapolres Ciamis Polda Jabar Kompol Apri Rahman, SE., dan Ketua DPRD Kabupaten Ciamis Nanang Permana serta Kasiter Korem 062/Tarumanagara.

Komandan Kodim 0613/Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi, S.I.P., M.I.Pol., mengatakan, panen raya jagung ini bagian dari upaya TNI bersama stakeholder terkait dalam mengimplementasikan arahan Presiden terkait menjaga ketahanan pangan nasional. Ini adalah hasil dari kemauan dan keinginan bersama dalam menjaga ketahanan pangan nasional.

“Alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan. Kegiatan panen raya ini dalam rangka ketahan pangan dan untuk lokasi kita bekerja sama dengan Perkebunan PTPN VIII Batulawang/Cisaga,” kata Dandim 0613/Ciamis.

Dandim menuturkan, pelaksanaan tanam ini juga pihaknya menerapkan teknologi yang dimiliki Kodam III/Siliwangi yakni Pupuk Bios 44. Dimana penggunaan pupuk ini bertujuan untuk mempercepat dan meningkatkan hasil panen pada semua tanamanan pertanian serta perikanan.

“Penanaman jagung ini kami terapkan menggunakan pupuk Bios 44. Sehingga kita bisa lihat hasilnya memuaskan dan tidak membutuhkan masa tanam yang lama,” kata Dandim.

Dandim berharap apa yang telah dilakukan disini bisa diterapkan ditempat lain khususnya pada lahan tidak produktif sehingga produktif kembali. Sehingga dapat membantu dan menyukseskan program Ketahanan Pangan yang digencarkan oleh Pemerintah.

Sementara itu, Bupati Ciamis H.Herdiat Sunarya menyampaikan ucapan terima kasih atas kolaborasi tentang penanaman jagung. Tentunya ini sangat dibutuhkan walaupun kondisi saat ini dalam program ketahanan pangan.

“Tentunya kita harus bangkit dari keterpurukan dan kita harus bisa memanfaatkan tanah jangan sampai terbengkalai,” pesan Bupati Ciamis.

Bupati Ciamis mengajak para petani untuk menanam jagung di wilayah Kabupaten Ciamis. “Pemerintah sangat serius untuk mendongkrak perekonomian masyarakat Kabupaten Ciamis,” kata H. Herdiat Sunarya.

Pada kesempatan itu, turut dilaksanakan pemberian secara simbolis pupuk Bios 44 dan Sembako kepada masyarakat dan PPL oleh para pejabat yang hadir. Mulai dari Bupati, Dandim, Ketua Persit KCK Cabang XXIV Kodim 0613/Ciamis, Wakapolres Ciamis, Ketua DPRD Kabupaten Ciamis, dan Kasiter Korem 062/TN.

Feri