Kodim 0709/Kebumen Gelar  Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

Kodim 0709/Kebumen Gelar  Operasi Yustisi Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan

BINews

KEBUMEN, Sebagai tindaklanjut petunjuk dan perintah langsung Pangdam IV/Diponegoro serta terbitnya peraturan Bupati Kebumen (Perbup) nomor 68 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian covid-19, Kodim 0709/Kebumen bersama jajaran Polres Kebumen dan Satgas Penanggulangan Covid-19 melaksanakan Operasi Yustisi Protokol Kesehatan Covid-19 di Pasar Prembun Jalan Prembun Kutoarjo, Kabupaten Kebumen pada hari Rabu 16 September 2020.

Pangdam IV/Diponegoro serta terbitnya peraturan Bupati Kebumen (Perbup) nomor 68 tahun 2020 tentang penerapan disiplin dan penegakkan hukum protokol kesehatan

Dalam pengarahannya Komandan Kodim 0709/Kebumen Letkol Kav MS. Prawira Negara Matondang, S.E, M.M., menyampaikan bahwa penegakan operasi yustisi dilakukan Pemerintah Kabupaten Kebumen bersinergi dengan Polres, BPBD serta anggota Satpol PP dan instansi terkait lainnya. Operasi yustisi ini merupakan salah satu bentuk pengetatan adaptasi kebiasaan baru, petugas gabungan untuk mendisiplinkan warga terhadap protokol kesehatan,(17/9).

“Dalam rangka memperketat adaptasi kebiasaan baru ini, kita melaksanakan secara masif operasi yustisi. Operasi yustisi ini sasarannya adalah penegakkan disiplin protokol kesehatan, utamanya penggunaan masker. Sehingga bagi yang kedapatan  tidak menggunakan masker langsung dapat diterapkan sanksi ditempat sebagai efek jera bagi pelanggar,” tuturnya.

Pelaksanaan dilapangan operasi tim Satgas yustisi juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap meningkatkan kewaspadaan antisipasi tindak pidana pencurian, penipuan dan gangguan Kamtibmas lainya serta ikut berperan aktif dalam menciptakan situasi Kamtibmas yang Kondusif menjelang pesta demokrasi Pilkada Kabupaten Kebumen tahun 2020,”tegas Dandim.

Sebagai evaluasi dalam Operasi yustisi penertiban kali ini tim Satgas masih mendapati banyaknya masyarakat yang berada diluar rumah dan tidak menghindari kerumunan serta tidak menjaga jarak, meskipun sebagian besar telah menggunakan masker sebagaimana yang dianjurkan pada protokol kesehatan. 

(Yatiman/Pendim)

Admin BIN

%d blogger menyukai ini: