Komnas Perlindungan Anak Berikan Penghargaan Kepada Bismo Sebagai Kapolres Peduli Anak

Komnas Perlindungan Anak Berikan Penghargaan Kepada Bismo Sebagai Kapolres Peduli Anak

Buletin Indonesia News

CIAMIS, — Ketua Komisi Nasional Perlindungan Anak (Komnas PA),  Arist Merdeka Sirait memberikan penghargaan kepada Kapolres Ciamis AKBP. Bismo Teguh Prakoso, S.H., S.IK., M.H sebagai Kapolres Peduli Anak di Gedung PKK Kabupaten Ciamis, Selasa (10-12-19).

Diberikannya penghargaan ini sebagai apresiasi kepada Kepolisian Resort Ciamis yang telah menggagas program “Pencegahan Kejahatan Terhadap Anak Dan Penanganan Anak Berhadapan Dengan Hukum” melalui seminar dengan melibatkan berbagai unsur seperti Ormas/LSM, Media, Forkompinda, Mahasiswa, Majelis Ulama Indonesia dan elemen masyarakat lainnya.

Arist Merdeka Sirait yang merupakan Narasumber dalam seminar ini menilai bahwa peran negara terhadap perlindungan anak masih minim dan kurang implementatif. Hal ini terlihat dari angka kekerasan tehadap anak yang semakin meningkat, baik secara kualitas maupun kuantitasnya. Pihaknya berharap dengan dilahirkannya gagasan pencegahan kejahatan terhadap anak bisa membuka mata hati pemerintah baik itu pusat maupun daerah pada khususnya, sehingga para generasi penerus bangsa dapat terselamatkan dari kejahatan dan hukum dimasa pertumbuhannya.

Sementara itu, dalam sambutannya Kapolres Ciamis mengatakan selama ini kasus kejahatan terhadap anak yang ditangani Satreskrim Polres Ciamis kebanyakan kasus asusila termasuk Kabupaten pangandaran yang masih masuk wilayah hukum Polres Ciamis. Untuk mencegah terjadinya kejahatan terhadap anak ini, Bismo menegaskan bahwa dibutuhkan peran serta masyarakat sehingga melalui seminar ini bisa menjadi sarana untuk menyatukan persepsi dalam menjadikan Kabupaten Ciamis dan Pangandaran menjadi Kabupaten LAYAK ANAK.

Sementara itu, Bupati Ciamis Dr. Herdiat Sunarya mengapresiasi langkah Kepolisian Resor Ciamis dalam mencegah terjadinya kejahatan terhadap anak dan penanganan anak berhadapan dengan hukum. Upaya Polres Ciamis menjadikan Ciamis khususnya menjadi Kabupaten Layak Anak juga merupakan salah satu visi dan misi pemerintah Kabupaten Ciamis. “Sehingga dengan terbangunnya sinergitas semua elemen masyarakat melalui program yang diprakarsai Polres Ciamis ini benar-benar menjadi tugas bersama dalam mewujudkan Kabupaten Ciamis layak Anak. Pemerintah Daerah tetap mendukung demi terlindunginya generasi khususnya Ciamis dari berbagai kejahatan maupun permasalahan hukum”. Papar Bupati Ciamis. (Agus**)

Admin BIN

%d blogger menyukai ini: