oleh

Komunitas Mantan Kades Jabar Dukung Ganjar Pranowo Menjadi Presiden di 2024

Buletin Indonesia News.com

BANDUNG, Jabar – Komunitas mantan Kepala Desa Seluruh Indonesia (Kompakdesi) Jawa Barat menggelar acara Musyawarah Daerah (Musda) pada 9 Januari 2023 sampai 10 Januari 2023 di Fox Harris Hotel, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat.

Dalam acara musda tersebut, dihadiri oleh 200 mantan kepala desa yang berasal dari 18 Kabupaten di Jawa Barat.

Yanti Susilawati selaku Ketua DPD Kompakdes mengatakan, bahwa berkumpulnya para mantan kepala desa di Jawa Barat merupakan bentuk dukungan kepada Ganjar Pranowo yang saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah agar maju menjadi Presiden Indonesia di 2024 mendatang.

“ Kami sebagai purba kepala desa, yang selama ini berkecimpung di wilayah desa masing masing. Melihat sosok Ganjar itu merakyat, dia juga bapak desa, pelopor desa,” kata Yanti, pada Rabu (11/01/2023).

Yanti menilai, program yang saat ini sedang diusungkan oleh Ganjar memiliki visi dan misi yang jelas dalam proses membangun desa. Berbagai program desa yang diusulkan oleh Gubernur Jawa Tengah tersebut dinilai mampu menjadikan masyarakat desa untuk bersatu agar membangun dan mengelola desa bersama.

Hal tersebut dikatakan oleh Yanti, karena Ganjar sering memberikan keleluasaan untuk masyarakat desa agar mengelola dana desa sesuai dengan kearifan lokal setiap desa. Bahkan, tidak sedikit diantara setiap program yang melibatkan banyak pihak agar saling bekerjasama untuk membangun perekonomian desa dengan gotong royong.

“Bapak Ganjar memberikan keleluasaan pengelolaan anggaran langsung ke desa, sesuai dengan kearifan lokal desa tanpa ada intervensi. Itu yang sangat memicu para mantan kepala desa di Jawa Barat untuk mendukung Pak Ganjar,” ujar Yanti.

Yanti mengharapkan, jika Ganjar terpilih menjadi Presiden Indonesia. Ganjar mampu merangkul dan turut melibatkan para mantan kepala desa di dalam menerapkan kebijakan mengenai desa.

“Semoga Ganjar bisa lebih memotivasi para purna kades ke depannya, supaya lebih berdaya di segala bidang,” harap Yanti.