oleh

Kontes Bonsai 19 S/D 24 Juli 2022 Diikitu 5 Kategori

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat-Bangka, — Pecinta tanaman Bonsai direncanakan akan mengikuti Pameran Nasional dan Kontes Bonsai yang diselenggarakan dari 19 Juli sampai 24 Juli 2022 di Sungailiat Depan Kolam Renang Loka Tirta Bangka (20/7/2022).

Heri selaku Sekretaris Panitia kegiatan menerangkan jika terdapat 5 kategori yang akan diikuti yaitu kelas endemik, umum, pratama, medium dan small.

“Untuk peserta ini diikuti se-Provinsi Bangka Belitung, kami juga mengirim undangan ke Jambi dan Bengkulu. Mudah mudahan yang dari Jambi dan Bengkulu hari ini sudah bisa datang,” jelasnya.

Dalam festival ini pihak panitia mengambil juri dari Jakarta, menurut Heri hal itu menjaga netralitas penilaian. Ia katakan untuk pendaftaran sudah dimulai dua hari yang lalu, dan untuk pembukaan kegiatan pameran akan dilakukan pada tanggal 23 Juli 2022 oleh Bupati Bangka.

“Nanti untuk tanggal 24 Juli penutupan lomba sekaligus pembagian doorprize bagi peserta. Alhamdulillah, sampai dengan hari ini peserta yang sudah mendaftar sebanyak 205 orang. Dan saya perkirakan bisa diatas 500 peserta,” terangnya.

Heri menyarankan bagi pengunjung yang ingin melihat lihat tanaman bonsai dilarang untuk memegang tanaman. Pasalnya apabila ada pengunjung mematahkan salah satu tanaman maka diwajibkan untuk mengganti rugi,” tegasnya.

Dia sebutkan alasannya kenapa mengangkat prospek endemik karena ingin mengangkat dan memperkenalkan tanaman lokal dari Bangka seperti pohon jenis kuncung, sapu-sapu, cucur atap, nasi nasi dan lain sebagainya.

“Dalam kegiatan pameran berskala nasional ini pihak panitia menyediakan hadiah doorprize berupa satu buah kendaraan roda dua bagi peserta. Apabila nanti ada pengunjung yang berminat dengan salah satu tanaman bonsai, kami siapkan ruang bursa untuk pelelangan,” ungkapnya.

Lebih lanjut ia katakan untuk harga tanaman endemik tertinggi berada di angka 5 jutaan, selain itu ada Best of Kimkid tanaman jenis pohon jeruk lokal yang harganya bisa diatas puluhan juta rupiah.

“Nanti kita akan adakan kontes bonsai Kimkid terbaik. Semoga dengan adanya kegiatan ini pohon lokal Bangka Belitung lebih di kenal di tingkat nasional,” ujarnya.

(Wawan)