oleh

Koperasi Bodong di Ciamis Resahkan Warga, Asda II : Kewenangan Kami Terbatas

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Asda (Asisten Daerah) II Kabupaten Ciamis, Aef Saefuloh, S.sos., M.Si memberikan tanggapan tentang banyaknya koperasi bodong di Kabupaten Ciamis, Kamis (19/1/2023)

Aef mengatakan, bahwa pihaknya telah turun ke lokasi dan segera melakukan tindakan. Namun, kewenangan yang dimiliki oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis terbatas. Sehingga, tidak bisa melarang apalagi mengeksekusi koperasi bodong yang ada di Kabupaten Ciamis.

“Karena kewenangan dan tanggung jawab kita yang terbatas, sehingga pemerintah daerah hanya bisa membina dan mengawasi. Kalaupun ada hal-hal yang tidak sesuai dengan asas-asas koperasi, kita akan melaporkan ke kementrian,” ucap Aef.

Foto: Aef Saefuloh selaku Asda II

Aef berkata, saat ini pemerintah provinsi Jawa Barat sedang merevisi peraturan daerah tentang koperasi.

“Kami juga mendapat informasi bahwa Peraturan Daerah (Perda) tentang koperasi khususnya di Kabupaten Ciamis, saat ini sedang revisi penyempurnaan. Hasil evaluasi pemerintahan provinsi Jawa Barat dan mudah-mudahan secepatnya bisa digunakan,” ujarnya

Terdapat langkah-langkah yang bisa Pemda lakukan, terkait banyaknya lembaga-lembaga yang mengatasnamakan koperasi. Tapi memberatkan masyarakat.

“Kita punya kewenangan untuk menindak, paling tidak kita bisa bekerjasama dengan KPA-KPA yang ada,” tambah Aef.

Aef mengatakan, Pemkab Ciamis telah melaporkan koperasi-koperasi yang saat ini berjalan tanpa izin harus ditindaklanjuti.

“Untuk koperasi yang sedang berjalan tanpa izin, kami sudah melaporkannya. Kami sudah mencoba menelusuri, mencari kantornya, dan sebagainya. Setelah ditelusuri, kami melaporkan ke kementrian. Ini sudah dilaporkan kemarin dan sudah diterima,” pungkasnya.

(Reporter : *Tegar Anjar Abadi & * Arrizal Adam Gunawan Putra)