oleh

KP2RL Berikan Sosialisasi dan Pelatihan Pemilahan Sampah di Bank Sampah Balebat

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Komunitas Pelatihan dan Pemberdayaan Ramah Lingkungan (KP2RL) mengadakan kegiatan sosialisasi kerjasama antar- wilayah menyatukan potensi desa, di Bank Sampah Balebat, Dusun Kedung Jarian, RT 07 RW 01 Desa Sidaharja, Kecamatan Lakbok, Ciamis, Minggu (31/10/2021).

Perwakilan Ketua Umum KP2RL Kabupaten Ciamis, Ani, mengatakan, bahwa kegiatan ini adalah sosialisasi kerjasama antar wilayah untuk menyatukan potensi desa. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan pelatihan tentang pemilahan sampah organik dan non organik.

“Kegiatan ini bertujuan agar terjalinnya kerja sama dalam hal pengurangan sampah di wilayah masing-masing,” katanya.

Ani juga ingin mengubah pola pikir (Mindset) masyarakat tentang sampah, lebih baik sampah yang bisa didaur ulang dipilah di rumah untuk di tabung ke bank sampah yang ada.

“Kalau kita bisa menabung sampah di bank sampah yang ada, nantinya akan menjadi sumber pendapatan keluarga juga,” jelasnya.

Sekjen KP2RL, Jafar Shiddiq Helmy mengatakan dalam Undang-Undang Nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup, bahwa lingkungan hidup yang baik dan sehat merupakan hak asasi semua warga negara. Pembangunan ekonomi nasional sebagaimana di amanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945 berdasarkan prinsip pembangunan berkelanjutan dan berwawasan lingkungan.

“Tujuan akhir dari keluarnya Perbub itu untuk menekan angka sampah plastik yang dihasilkan di Kabupaten Ciamis yang terus meningkat setiap tahun,” jelasnya.

Dijelaskannya, sesuai Peraturan Bupati (Perbub) Ciamis, Perda Nomor 2 tahun 2018, tentang pengelolaan sampah dalam rangka lingkungan yang sehat dan bersih dari sampah, perlu penanganan sampah secara komperhensif dan terpadu.

“Untuk itu pengelolaa sampah harus melibatkan peran serta masyarakat dan dunia usaha. Jika pengelolaan sampah dilaksanakan secara profesional, efektif dan efisien akan memberikan manfaat secara ekonomi sehat bagi masyarakat dan aman juga untuk lingkungan, serta dapat mengubah perilaku masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Bank Sampah Desa Sidaharja Kecamatan Lakbok Ciamis, Enjat Sudrajat menambahkan bahwa tujuan KP2RL mengunjungi bank sampah yang dikelolanya adalah selain melakukan kerjasama juga untuk mempererat tali silaturahmi antar komunitas dan kelompok.

“Saya sangat mendukung kegiatan bagus ini, banyak respon juga dari tokoh masyarakat terkait kegiatan KP2RL ini, makanya saya akan merekrut warga untuk menjadi anggota bank sampah ini,” pungkasnya. (Nank Irawan**)

News Feed