KPH Bandung Selatan Adakan Sosialisasi Perhutanan Sosial di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari

KPH Bandung Selatan Adakan Sosialisasi Perhutanan Sosial di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari

KPH Bandung Selatan Adakan Sosialisasi Perhutanan Sosial di Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari

Kertasari, Kab Bandung, buletinindonesianews.com – Bertempat di Kantor Desa Cibeureum Kecamatan Kertasari Kab. Bandung telah dilaksanakan kegiatan sosialisasi Perhutanan Sosial skema Kulin KK sesuai Peraturan Menteri Kehutanan P.83 tahun 2016, Kamis (08/01/2021).

Tujuan dari kegiatan Sosialisasi Perhutanan Sosial di Desa Cibeureum adalah untuk lebih memahami akan adanya Program Pemerintah terkait Perhutanan Sosial skema Kulin KK yang sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Nomor P.83/MenLHK/Setjen/Kum.1/10/2016 tentang Perhutanan Sosial.

kegiatan sosialisasi Perhutanan Sosial skema Kulin KK sesuai Peraturan Menteri Kehutanan P.83 tahun 2016

Perhutanan Sosial adalah sistem pengelolaan hutan lestari yang dilaksanakan dalam kawasan hutan negara atau hutan hak /hutan adat yang dilaksanakan masyarakat setempat untuk meningkatkan kesejahteraan nya, kelestarian lingkungan dan dinamika sosial budaya.
Pemerintah untuk periode 2015-2019 telah mengalokasikan 12,7 hektare utk Perhutanan Sosial melalui 5 skema, yaitu:

  1. Hutan Desa (HD) dengan tenurial HPHD atau Hak Pengelolaan Hutan Desa,
  2. Hutan Kemasyarakatan (HKm), izin yang diberikan adalah IUP HKm atau Izin Usaha Pemanfaatan Hutan Kemasyarakatan,
  3. Hutan Tanaman Rakyat, Izin yg diberikan adalah IUP HHK-HTR atau Izin Usaha Pemanfaatan Hasil Hutan Kayu-Hutan Tanaman Rakyat,
  4. Hutan Adat (HA) tenurialnya adalah Penetapan Pencantuman Hutan Adat,
  5. Kemitraan Kehutanan (KK) dalam bentuk Kulin KK atau Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan atau Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial di Pulau Jawa.
    Untuk permohonan HPHD, IUP HKm dan IUP HHK HTR dapat ditujukan melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan atau Gubernur setempat.

Setelah mengikuti sosialisasi tersebut diharapkan masyarakat mengerti dan memahami akan Perhutanan Sosial dalam bentuk Kulin KK atau Pengakuan Perlindungan Kemitraan Kehutanan dan IPHPS atau Izin Pemanfaatan Hutan Perhutanan Sosial di Pulau Jawa.

Dalam kegiatan tersebut di hadiri oleh Dede Mulyana-Kadep PS Direksi,Moh. Drajat-Kasi PS Divre,Dede Nugraha-WakaTimur KPH Bandung Selatan, Yusron-Waka Barat KPH Bandung Selatan, Tedi S-Asper Banjaran, Andrian Eka N-Asper Pangalengan, Suhanda-Asper Ciparay, KRPH Lembur Awi, KRPH Wayang Windu, Kades Cibeureum, Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Cibeureum, Gapoktan Herbal, LMDH Raksa Citarum,
Masyarakat Desa Cibereum dan Neglasari.

(Purwadhi-JSI)

Admin BIN