oleh

KPU Beri Akses 5 Parpol yang Menangkan Gugatan Perbaikan Administrasi

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Lima partai menang gugatan di Bawaslu soal verifikasi administrasi calon peserta Pemilu 20224. Mereka diberi kesempatan untuk melakukan perbaikan administrasi melalui Sipol.

Kelima partai tersebut diberi kesempatan selama 1×24 jam untuk mengunggah data perbaikan. Idham Holik Ketua Devisi Teknis KPU RI menjamin Sipol siap dipakai untuk perbaikan pendaftaran partai politik.

“Sipol sudah disiapkan untuk melayani penyerahan persyaratan perbaikan pendaftaran partai politik pasca putusan Bawaslu RI,” ujar Idham, Selasa (8/11/2022).

Ia mengatakan KPU bakal melaksanakan putusan Bawaslu. Dia juga menjamin KPU bakal memberi hak kepada kelima parpol tersebut.

Bawaslu sebelumnya menggelar sidang soal gugatan verifikasi pendaftaran pemilu. Ada lima partai yang gugatannya dikabulkan diantaranya yaitu, Partai Rakyat Adil Makmur (Prima), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Republik, Partai Republik Indonesia, dan Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo). Masing-masing partai melaksanakan sidang secara terpisah.

Dalam sidang gugatan Partai Republik, sidang dipimpin oleh ketua majelis pemeriksa sekaligus Ketua Bawaslu RI Rahmat Bagja dan anggota majelis Puadi, Totok Hariyono dan Lolly Suhenti. Dalam sidang ini Majelis Pemeriksa memutus untuk menerima permohonan sebagian pemohon.