Kunjungi Korban Kebakaran Depo Pertamina, Ini Instruksi Jokowi Kepada Menteri BUMN

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberi dua perintah setelah terjadinya kebakaran yang hebat di Depo Pertaminan Plumpang, Jakarta Utara, pada Jum’at (03/03/2023).

Jokowi memerintahkan jajarannya untuk segera mencari solusi mengenai kebakaran tersebut, ia juga menekankan perintahnya kepada Menteri BUMN Erick Thohir dan Pj Gubernur Jakarta Heru Budi Hartono.

“Saya sudah perintahkan kepada Menteri BUMN dan juga Pj Gubernur DKI untuk segera mencari solusi dari kejadian yang terjadi di Plumpang, terutama karena ini memang zona yang bahaya dan tidak bisa ditinggali. Tetapi harus ada solusinya,” ujarnya saat mengunjungi Posko Pengungsian di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Rasela, Rawa Badak Selatan, Jakarta, pada Minggu (05/02/2023).

Jokowi menyebutkan beberapa pilihan yang dapat diambil guna mengatasi kejadian kebarakan tersebut, diantaranya relokasi TBBM dan relokasi warga sekitar TBBM Pertamina. Namun keputusan tersebut nantinya akan diambil oleh pihak yang berkaitan.

“Ini segera diputuskan, dua hari ini oleh Pertamina dan Pj Gubernur DKI. Sehingga solusinya menjadi jelas,” katanya.

Jokowi menjelaskan, sebelumnya telah ada rencana mengenai adanya jarak (buffer zone)antara pemukiman warga dengan TBBM Pertamina Plumpang selebar 50 meter. Namun, rencana tersebut belum dapat diwujudkan karena belum adanya solusi yang diberikan kepada penduduk sekitar.

“Tanah Merah in ikan padat dan penuh, semuanya harus carikan solusi. Saya kira keamanan masyarakat dan keselamatan masyarakat harus menjadi titik yang utama,” jelasnya.

“Harus dievaluasi semuanya, karena menyangkut nyawa. Jadi sudah saya perintahkan semuanya mengenai itu,” sambungnya.

Jokowi juga mengucapkan belasungkawa kepada korban atas kejadian kebakaran tersebut.

“Saya ingin menyampaikan ucapan belasungkawa kepada para korban atas kejadian di Plumpang ini,” ucapnya.