Lapas IIB Kota Banjar Bakal Raih Predikat WBK Tahun ini

Lapas IIB Kota Banjar Bakal Raih Predikat WBK Tahun ini

Lapas IIB Kota Banjar bakal raih predikat WBK tahun ini

BANJAR, BINews.com – Wilayah bebas korupsi merupakan predikat yang diberikan oleh kementrian pendayaagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi kepada unit kerja dipemerintah yang sebelumnya sudah membangun zona integritas.

Lapas II B Kota Banjar dibawah pimpinan Bawono Ika Sutomo selaku kepala Lapas berhasil memenuhi zona integritasnya untuk mewujudkan WBK dalam dua indikator, yaitu pencegahan KKN dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Hal tersebut dibuktikan dengan keberhasilan Bawono dalam menciptakan sistem keuangan virtual dimana transaksi ekonomi yang ada dilingkungan Lapas menggunakan kartu PasPay.

Kartu tersebut bisa didapat dikantin Lapas sebagai mitra koperasi Lapas sebagai penyelenggaranya. Berbagai kemudahanpun dapat diperoleh warga binaan dengan menggunakan kartu tersebut. Ada 3 warna kartu yang dipergunakan, warna merah untuk warga binaan, warna hijau untuk pengunjung dan warga biru untuk petugas.

“segala jenis transaksi yang digunakan warga binaan, pengunjung maupun petugas dilingkungan Lapas dengan menggunakan kartu PasPay sehingga dapat meminimalisir segala bentuk pungli dan memudahkan warga binaan untuk mengatur keuangannya sendiri,” urai Bawono saat dijumpai sejumlah awak media disela-sela pelatihan petugas Lapas.

Diceritakannya, semenjak bertugas di Lapas Banjar, dirinya berupaya membenahi sistem yang ada dilingkungan Lapas dan membentuk koperasi sebagai wadah untuk mensejahterakan petugas serta mendukung program kantor untuk mengantisipasi terjadinya pungli dan kesempatan transaksi ilegal didalam lingkungan Lapas.

“tentunya upaya saya tidak lepas dari peran serta pegawai yang serius membangun bersama-sana sebuah zona berintegritas dengan memaksimalkan fungsi koperasi dan sistem keuangan virtual,” tegasnya.

Atas kerjasama yang sinergis antar petugas dan warga binaan, bahkan kini Lapas II B kota Banjar telah merintis peternakan 1500 ekor ayam dan budidaya ikan, berkebun, dan mengolah lahan yang ada dilingkungan Lapas untuk dijadikan lahan yang memiliki potensi baik itu lewat penghijauan, penanaman berbagai tumbuhan yang bermanfaat juga menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

“rencananya, bulan Desember kami dapat meraih predikat wilayah bebas korupsi dari kementrian pendayagunaan aparatur negara dan reformasi birokrasi,” pungkasnya.

(Susi)

Admin BIN