oleh

LKS Ciamis Harapkan Perhatian dari Pemerintah

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) merupakan organisasi sosial atau perkumpulan sosial yang melaksanakan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial yang dibentuk oleh masyarakat, baik yang berbadan hukum maupun yang tidak berbadan hukum.

Ketua Forum LKS Kabupaten Ciamis, Haji Yayan Harianto S.Pd.I. menerangkan, LKS merupakan lembaga yang bergerak di bidang sosial. LKS terbagi menjadi beberapa sub atau bidang diantaranya LKS A, LKS disabilitas, LKS napza, LKS ODGJ dan LKS TAS.

“LKS itu tetap bergerak di bidang sosial fungsi kami sesuai dengan permensos nya adalah pengadvokasi dilapangan. Kami bertugas melihat menyikapi, mengabarkan dan mengadvokasi. Kami tidak berhak untuk mengeksekusi karena ada tingkatan-tingkatannya,” ujar Yayan saat diwawancarai oleh Tim Buletin TV, pada Selasa (03/01/2023)

Yayan menuturkan, LKS selalu memperhatikan masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Karena kami perespon kasus di lapangan diantaranya seperti lansia terlantar lansia manunggal,” tambahnya.

Yayan menambahkan, LKS juga memfasilitasi beberapa kegiatan sosial seperti rutilahu, memfasilitasi lansia terlantar dari mulai makan sampai diantarkannya ke balai pemerintah yaitu Balai Bandung Ciparay.

Yayan juga mengatakan, LKS mengalami kendala saat melaksanakan tugas dilapangan. Seperti tidak adanya kendaraan operasional saat harus mengantar orang yang sakit ke tempat yang jauh.

“Kalau urusan kendala itu sangat banyak, karena kami ini organisasi sosial tentu kami tidak mendapatkan upah dari siapapun. Dari segi operasional kami sangat kesulitan seperti kendaraan operasional,” kata Yayan.

Yayan berharap, adanya pembinaan untuk LKS kabupaten Ciamis supaya bisa mandiri, bisa konsolidasi dengan pemangku wilayah setempat dan bisa bekerjasama dengan aparatur setempat.

“Kami sangat berharap pemerintah daerah memperhatikan LKS khususnya di Kabupaten Ciamis atas kehadirannya sebagai respon kasus di lapangan. Kami juga berharap dari kabupaten menganggarkan anggaran untuk pemberdayaan nya atau pembinaannya dan kami juga sangat berharap untuk diberikan mobil operasional atau mobil ambulans,” harapnya.

(Reporter : **Herdi Apriadi Nur)