oleh

Longsor Tutupi Akses Perbatasan Pangandaran-Tasikmalaya

Buletin Indonesia News.com

PANGANDARAN, Jabar – Curah hujan yang tingi sejak Rabu (9/11/2022) menyebabkan sebagian di wilayah Pangandaran longsor. Area yang longsor berada di Jalan Dusun Cikadu, Desa Bangunjaya. Kecamatan Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran pada Kamis (10/11/2022). Ali Murdani, Anggota Tagana Pangandaran mengatakan, longsor yang terjadi mengakibatkan akses jalan Kabupaten penghubung dua daerah tertutup.

“Kondisi tanah yang labil hingga terjadi longsor menutupi akses jalan Desa Bangunjaya menuju Cineam (Tasikmalaya),” kata Ali, Kamis (10/11/2022).

Tanah longsor menutup sekitar 70 meter badan jalan. Sedangkan tinggi material longsor sekitar 100 meter yang berasal dari bukit.

“Hingga saat ini belum bisa dibereskan material longsorannya dikarenakan masih ada bebatuan besar dan dikhawatirkan terjadi longsor susulan,” ucapnya.

Ia juga mengatakan untuk rencana pembersihan longsor masih menunggu alat berat untuk pengerukan tanah. Sementara untuk akses jalan tidak ada alternatifnya, ada pun yang terhambat salah satunya jalan untuk warga setempat sekolah. Sehingga siswa terpaksa libur sementara. Salahsatunya SDN 3 Bangunjaya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran, Kustiman mengatakan saat ini dari tim BPBD,Tagana, pemdes dan warga setempat sudah membersihkan yang bisa dibersihkan. Ia mengimbau warga yang berada di area rawan longsor di Langkaplancar, Kalipucang dan Padaherang untuk berhati-hati.