oleh

Manfaat Telur Ayam Bagi Kesehatan

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Telur merupakan salah satu makanan hewani yang banyak dikonsumsi oleh manusia, telur , sebagian besar produk telur yang dihasilkan adalah berasal dari ayam.

Telur sudah tidak diragukan lagi akan manfaatnya untuk kesehatan, sebab satu butir telur mempunyai 75 kalori dengan 7 gram protein di dalamnya. Telur juga mengandung zat besi, beberapa vitamin dan mineral dan hanya mengandung 5 gram lemak.

Apa saja sih manfaat telur bagi kesehatan badan? Nah, berikut manfaat telur bagi kesehatan :

  • Dapat Menurunkan Berat Badan

Telur sangat kaya akan manfaatnya, kombinasi antara protein dan lemak memberikan berbagai manfaat bagi tubuh manusia. Jika kalian mengkonsumsi telur setiap hari, maka bukan saja membuat kalian kenyang lebih lama. Tapi justru membuat berat badan kalian menurun.

Telur sangat baik untuk dikonsumsi ketika sarapan, telur juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh manusia.

  • Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Telur merupakan salah satu makanan yang murah, bahkan dapat memberikan banyak energi. Terutama ketika aktivitas di pagi hari.

Kandungan vitamin D di bagian kuning telur bisa mengobati pilek dan flu. Hal ini dapat membuktikan bahwa dengan mengkonsumsi telur setiap hari bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

  • Meningkatkan Kesehatan Pada Otak

Jika mengkonsumsi telur setiap hari, maka bisa meningkatkan kesehatan yang kognitif. Sebab, telur mempunyai seluruh nutrisi yang dibutuhkan oleh otak.

Telur mengandung vitamin B12, B6, kolin, dan folat. Nutrisi tersebut dapat mengatur suasana hati dan ingatan seseorang, satu butir telur mengandung 26% dari nilai kolin yang direkomendasikan bagi wanita.

  • Meningkatkan Kolesterol Baik

Banyak sekali yang mempercayai bahwa mengkonsumsi telur setiap hari akan meningkatkan kolesterol. Namun, sebenarnya ketika mengonsumsi telur dalam diet. Hal tersebut  justru meningkatkan kolesterol baik yaitu HDL (High Density Lipoprotein).

  • Membuat Kulih Sehat

Selenium merupakan salah satu bagian yang penting dalam kesehatan kulit, telur adalah salah satu sumber yang baik untuk kesehatan kulit.