oleh

Maraknya Koperasi Bodong di Ciamis, LMS Pemuda Himbau Masyarakat untuk Berhati-hati

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis menggelar audiensi bersama LSM Pemuda terkait temuan adanya rentenir berkedok koperasi di Aula Asisten Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, pada Kamis (19/01/2023).

Felix Fernandes selaku Direktur Kajian Analisa LSM Pemuda sekaligus Koordinator Wilayah Priangan Timur mengatakan, keberadan koperasi ini terlihat setelah adanya aduan dari masyarakat yang terlilit banyak hutang.

“Berawal ada laporan dari warga. Kami LMS Pemuda pun tergerak, kami juga mengundang beberapa rekan media. Setiap aktivitas LMS Pemuda selalu mengundang rekan-rekan dari media,” ucap Felix.

Untuk itu, Felix menghimbau kepada masyarakat supaya mengetahui asas dari koperasi dari anggota ke anggota.

“Masyarakat sendiri tidak mengetahui prinsip dari koperasi tersebut, yang tahunya hanya meminjamkan uang. Memang tugas beratnya ini ada di pemerintahan Kabupaten Ciamis untuk melakukan sosialisasi. LMS Pemuda juga telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat yang notabennya mereka tidak tahu asas dari koperasi tersebut,” ujarnya.

Felix juga mengatakan, terdapat koperasi yang awalnya memberikan bunga 10 persen, namun pada kenyataannya bunganya sekitar 30 persen. Temuan tersebut juga telah dilaporkan kepada Kemenkrop untuk ditindak lanjuti.

“Hal ini akan disampaikan kepada Kemenkrop dan membiarkan Kemenkrop memberikan sanksi seperti sanksi penutupan badan usaha atau sanksi lainnya. karena Perda Kabupaten Ciamis itu belum ada dan akan disahkan akhir Februari katanya untuk melakukan tindakan tegas baik itu penutupan ataupun sanksi lainya,” pungkasnya.

(Reporter : *Tegar Anjar Abadi & Arrizal Adam Gunawan Putra)