Melalui Expo, Mahasiswa KKN UNIGAL Promosikan Potensi Wisata dan Home Industri

Keterangan : Ketua Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis Memotong Pita Untuk Membuka Secara Resmi Expo yang Digelar Mahasiswa Universitas Galuh di Kecamatan Cihaurbeti ini

Buletin Indonesia News

CIAMIS, — Mahasiswa KKN Universitas Galuh Ciamis menggelar expo untuk mengangkat dan mempromosikan potensi masing-masing Desa terutama di wilayah kecamatan Cihaurbeti. Dalam acara tersebut berbagai produk home industri dan UMKM serta potensi masing-masing desa turut di pamerkan di setiap stand masing-masing posdaya yakni, Desa Sukahurip, Desa Sukamulya, Desa Pasirtamiang, Desa Pamokolan, Desa Sumber Jaya, dan Desa Sukamaju.

Expo yang di gelar Mahasiswa KKN tersebut di buka resmi ketua Yayasan Pendidikan Galuh Ciamis, bersama Wakil Rektor III, Camat Cihaurbeti, Dekan Fisip, Ketua LPPM dan Kepala Desa Sukahurip yang di warnai dengan pemotongan pita, Sabtu (01/09/18).
Dalam sambutannya, ketua yayasan Pendidikan Galuh Ciamis H. Otong Husni Taufiq, S.IP., M.Si sangat mengapresiasi kreativitas Mahasiswa selama KKN (kulaih kerja nyata). Dia mengatakan, inovasi-inovasi yang dilakukan Mahasiswa untuk kemajuan masyarakat dan Pemerintahan Desa di harapkan dapat menjadi manfaat untuk ke depannya. “Saya bangga dengan masyarakat kecamatan Cihaurbeti yang telah menyambut anak didik kami dengan sangat baik, sama-sama berbaur untuk saling melengkapi antara pelaku usaha dan implementasi pengetahuan akademik juga inovasi-inovasi yang sudah dilakukan”, papar Otong.
Hal senada disampaikan Camat Cihaurbeti, Asep Khalik Fajari, S.IP seraya berharap agar mahasiswa KKN yang tahun ini hanya tersebar di 7 desa, untuk ke depannya bisa di agendakan untuk mencakup semua desa yang ada di kecamatan Cihaurbeti. “Masyarakat kita disini sangat menerima kehadiran Mahasiswa KKN, sehingga beberapa desa lainya yang belum termasuk posko pemberdayaan (Posdaya) Mahasiswa berharap untuk ke depan bisa dijadikan Posdaya”, papar Camat.

Dia juga mengaku, masyarakat Kecamatan Cihaurbeti sangat mengagumi Mahasiswa Universitas Galuh yang terkenal dengan inovasi-inovasinya. Apalagi setiap tahun banyak alumni-alumni yang sukses setelah lulus menunaikan pendidikan akademiknya, sehingga kampus Universitas Galuh menjadi pilihan lulusan SMA/SMK dan sederajat untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi.
Pantauan di lapangan, expo yang digelar mahasiswa memamerkan berbagai produk home industri dan UMKM, termasuk potensi-potensi wisata, baik itu Wisata Kuliner, Wisata Religi dan Wisata Alam.
Untuk memeriahkan expo tersebut mahasiswa juga menggandeng para pelaku seni dan budaya sehingga masyarakat yang hadir di suguhi atraksi-atraksi budaya seperti Bebegig, Ronggeng Gunung, Wayang dan Drama Hiburan Modern yang ditampilkan anak-anak remaja.

Selain itu, komunitas Motor Besar Ciamis (MBC) yang salah satunya beranggotakan kepala Desa Sukahurip juga turut menjadi suguhan pandangan para tamu yang diparkir berjajar di depan panggung. Komunitas MBC juga mensupport Expo Mahasiswa dalam mengedukasi masyarakat, termasuk MBC sendiri yang memiliki rasa kepedulian sosial terhadap masyarakat melalui bakti sosial.
[AGUS**]

Redaktur : Lilis

%d blogger menyukai ini: