oleh

Mengenal Lebih Dalam Yuk! Fufu, Makanan Khas Afrika yang Sempat Viral di Tiktok

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Beberapa waktu belakangan, Fufu sempat viral di media sosial. Makanan pokok masyarakat Afrika Barat ini viral karena bentuknya yang unik, rasanya gurih dan cara buatnya yang simple.

Fufu sendiri dibuat dari bahan singkong atau umbi-umbian lainnya, seperti ubi dan juga sukun. Beberapa ada yang membuat fufu dari bahan dasar jagung dan juga pisang. Keberagaman bahan utama fufu sendiri disebabkan oleh viralnya makanan ini. Bahkan fufu juga terkenal di negara-negara di Karbia. Bedanya, fufu biasanya dibuat dengan tambahan bacon atau lemak babi apabila dibuat di negara-negara di Karbia.

Sebelum popular seperti sekarang, diperkirakan fufu pertama kali berasal dari Ghana lalu menyebar ke negara lain di Afrika Barat, dibawa ke Amerika, sampai menjadi makanan pokok di negara-negara Karbia.

Nama “fufu” sendiri berasal dari bahasa Twi yang biasanya disebutkan oleh suku Akan di Ghana dengan ejaan “foofoo” atau “foufou” yang memiliki arti menumbuk atau mencampur.

Secara umum, fufu dikategorikan sebagai makanan tinggi karbohidrat dan tinggi kalori, bisa juga disebut bebas lemak jika tidak ada kandungan lemak babi di dalamnya. Hanya saja, nilai gizi dan cita rasa dari fufu sendiri tidak menentu, tergantung dari bahan baku apa yang digunakan. Namun umumnya cita rasa yang dihasilkan adalah sedikit asam dan terasa ringan juga lembut saat disantap.

Jika di Indonesia, fufu ibaratkan nasi. Tetapi teman makan fufu biasanya dengan makanan yang berkuah, seperti semur dan sup. Bentuknya yang bulat, membebaskan orang yang ingin menyantapnya dapat mengambil sedikit demi sedikit dan menyelupkannya ke dalam semur atau sop sebelum dimakan.