Meninggal Karena Muntaber, Relawan Jemput Jenazah ODGJ

Meninggal Karena Muntaber, Relawan Jemput Jenazah ODGJ

Jenazah Fitri saat akan dimandikan

Banjar, buletinindonesianews.com – Fitriyani (31), warga Pataruman Kelurahan Pataruman Kecamatan Pataruman kota Banjar merupakan ODGJ yang berhasil diselamatkan para relawan ODGJ kota Banjar untuk dirawat di Yayasan Mentari Tasikmalaya.

Sejak dirawat 25 Desember 2020, Fitri sempat mengalami keguguran dan karena sakit muntaber yang dideritanya, Fitri akhirnya menghembuskan nafas terakhirnya pada Kamis pagi (18/2) sekitar pukul 07.00 WIB.

Meninggalnya Fitri meninggalkan luka yang mendalam bagi relawan yang sempat merawatnya. Atas dasar kemanusiaan, relawan ODGJ kota Banjar menjemput almarhum dengan menggunakan Ambulance dari Dinas Kesehatan kota Banjar untuk dikebumikan di pemakaman umum Kokoplak Kelurahan Pataruman kota Banjar.

Kepala Dinas Sosial, Hj Suryamah saat dimintai tanggapannya mengaku prihatin atas nasib yang menimpa ODGJ asal Banjar tersebut.

” kami belum mempunyai MOU dengan dinas lainnya seperti Dinkes dan Satpol-PP dalam penanganan ODGJ. Pastinya, saat ini penanganan ODGJ lebih dahulu ditangani Dinas Kesehatan dan pasca penanganannya baru ditangani Dinsos,” urainya.

Yeni relawan ODGJ Kota Banjar

Yeni, koordinator relawan ODGJ kota Banjar mengatakan bahwa selama ini ODGJ yang telah diserahkan ke Yayasan Mentari maupun Bani Syifa selalu dalam pantauan relawan.

“ODGJ di Yayasan mentari satu bulan sekali kami pantau sementara Bani Syifa seminggu sekali. Selain memantau, kami juga memenuhi kebutuhan hidup ODGJ seperti sembako, obat-obatan dan alat mandi yang kami galang dari para donatur yang peduli terhadap nasib ODGJ,” terang Yeni.

Ditambahkan Yeni, pemerintah dapat lebih peduli terhadap nasib ODGJ dengan memanusiakannya.

“mereka juga manusia, jadi semestinya pemerintah turut berperan serta dalam menangani ODGJ yang ada dikota Banjar,” pungkasnya.

(Susi)

Admin BIN