oleh

Menko Polhukam Sebut RUU Perlindungan Data Pribadi Akan Segera Disahkan

JAKARTA, — Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud Md memperkirakan Rancangan Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (RUU PDP) akan disahkan bulan depan.

Mahfud mengatakan, saat ini RUU tersebut tinggal menunggu pengesahan menjadi UU dirapat paripurna DPR RI.

“Dalam sebulan ke depan, kira-kira, itu ada Perundangan, Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi yang sudah disahkan di DPR di tingkat I, berarti tinggal tingkat II itu pengesahan di paripurna, tidak akan ada pembahasan di substansi,” ungkap Mahfud di Jakarta, Rabu (14/9/2022).

Lebih lanjut, Mahfud menjelaskan, dalam RUU PDP dimuat arahan terkait dibentuknya tim keamanan siber untuk menjaga data masyarakat serta data-data rahasia negara.

Pada kesempatan yang sama, Mahfud memastikan belum ada data rahasia yang bocor akibat ulah hacker Bjorka, yang saat ini tengah membuat heboh masyarakat Indonesia.

Sebelumnya diketahui, Komisi I DPR RI dan pemerintah menyepakati RUU Perlindungan Data Pribadi (PDP) dibawa ke tingkat selanjutnya. RUU PDP ini selanjutnya akan dibawa ke rapat paripurna untuk disahkan menjadi undang-undang.

Pengambilan keputusan ini dilakukan saat rapat kerja antara Komisi I DPR RI dan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate, Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) Wempi Wetipo, serta perwakilan Kemenkumham RI, Rabu (7/9/2022).