oleh

Menyambut HUT RI Ke 77 Paskibraka Kabupaten Bangka Adakan Pendidikan Dan Pelatihan

Buletin Indonesia News.com

SUNGAILIAT, Bangka– Kabupaten Bangka 2022 melaksanakan pendidikan dan pelatihan (Diklat) Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) tingkat Kabupaten Bangka yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga yang diikuti 31 peserta mulai 30 Juli – 18 Agustus 2022 di Hotel Manunggal Sungailiat, (1/8/2022 ).

Hadir dalam pembukaan Diklat tersebut Bupati Bangka Mulkan S.H MH,.Wakapolres Bangka , Kodim 0413 Bangka yang diwakili, Kepala Pengadilan Negeri Sungailiat, Danki 141 Kompi Sungailiat, Wakil Ketua 1 DPRD Bangka, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Bangka, Danki Pelopor Brimob , ketua Pengadilan Agama yang mewakili , Direktur PDAM Tirta Bangka, para OPD, para Asisten , Staf Ahli Bupati, para Kepala Bagian,Kepala Kantor ,Camat, Sekretaris lingkup Pemkab Bangka.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bangka, Rozali Romkad selaku ketua penyelengara Diklat Paskibraka mengatakan, maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini.

“Tujuannya yaitu menanamkan nilai-nilai luhur Proklamasi Kemerdekaan RI.kepada generasi muda dan melatih generasi muda agar para siswa terampil dalam pengibaran dan penurunan Bendera Merah Putih pada saat detik-detik Proklamasi pada tanggal 17 Agustus 2022.” terang Rozali.

Adapun dalam Diklat Paskibraka tahun 2022 ini diikuti 31 peserta terdiri dari 16 siswa putra dan 15 siswi putri yang berasal dari sekolah menengah atas sederajat yang ada di Kabupaten Bangka, untuk pasukan pengawal kegiatan Paskibraka berjumlah 46 orang terdiri dari Kompi senapan B Yonif 141 AYJP 25 orang dan Batalyon A Pelopor Kompi 1 Brimob 21 orang.

“Untuk pelatih terdiri dari Polres Bangka, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Bangka, Koramil Sungailiat, Dinas Kesehatan Bangka Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Bangka,” jelas Rozali Romkad.

Ditempat yang sama Bupati Bangka Mulkan SH,MH menyampaikan peserta Paskibraka tahun 2022 ini merupakan siswa/siswi Sekolah Menengah Atas sederajat yang ada di Kabupaten Bangka yang terpilih dan terseleksi.

” Peserta Paskibraka ini akan bekerja keras untuk mengkibarkan Sang Merah Putih pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia nanti, Sehingga tidak terjadi suatu kegagalan dalam mengibarkan Bendera Merah Putih, karena ini menyangkut nama Republik Indonesia khususnya Kabupaten Bangka,” tegasnya.

Lanjut Mulkan , peserta Paskibraka harus memiliki kesiapan, terutama mental, fisik yang kuat dan harus betul-betul fokus memperhatikan apa yang diarahkan serta diintruksikan oleh para pelatih terutama para senior purna Paskibraka .

” Harap Mulkan, tidak ada lagi peserta yang main-main dan tentunya haruslah serius dalam pelatihan ini jangan sampai nantinya menjadi suatu problem terhadap pelaksanaan nantinya. Melaui Diklat inilah kita akan mengseleksi peserta mana yang akan membawa dan mengkibarkan Bendera Merah Putih pada Hari Kemerdekaan RI ke 77 nantinya,” terang Bupati Bangka Mulkan.

(WAWAN)