Miris ! Sejumlah Pohon Ditebang Di Sepanjang Jalan Sukahurip

Miris ! Sejumlah Pohon Ditebang Di Sepanjang Jalan Sukahurip

Buletinindonesianews.com
CIAMIS, Jabar —
Sejumlah pohon yang berada di sepanjang jalan Kabupaten menuju desa Sukahurip Kecamatan Cihaurbeti Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ditebang.
Penebangan pohon yang diduga dilakukan pemerintah Desa Sukahurip ini membuat suasana jalan yang tadinya terlihat sejuk menjadi panas karena menjadi lahan terbuka.

Untuk diketahui, pohon dapat menghasilkan  oksigen 1,2 kg/pohon/hari, Membuat teduh/sejuk, menyerap panas 8x lebih banyak, Menjaga kelembaban, Membuat keindahan.

Pantauan dilapangan, Kamis (25/03/21) sejumlah pohon yang sudah ditebang ini tergeletak di pinggir jalan, dan kemudian satu persatu mulai diangkut menggunakan mobil pick up.

Menurut penuturan salah satu warga, Oto (55) mengatakan pohon yang ditebang tersebut adalah jenis mahoni,  berumur sekitar belasan tahun yang ditanam jauh dari pemerintahan sebelumnya.

“Tadinya sangat iuh (sejuk_red) tapi sekarang jadi panas. Karena disepanjang jalan yang ditanami pohin ini pinggirnya adalah sawah, kan jadi terbuka dan tidak sejuk lagi” ucap Oto kepada Wartawan.

Sementara itu, Kepala Desa Sukahurip, Abdul Hadi mengakui penebangan pohon tersebut tapi tidak semuanya. “Ada warga yang membutuhkan untuk kebutuhan mesjid jadi itu saya persilahkan ditebang, yang lainnyacuma dipangkas saja karena adanya keluhan pengguna jalan, takut sewaktu-waktu tumbang ataupun terkena ranting pohon” katanya.

Abdul menambahkan, keberadaan pohon yang ditebang ini bukan di bahu jalan, jadi memilik jarak beberapa meter dari bahu jalan, tak hanya itu penebangan ini diklaim untuk menghindari pohon tumbang menimpa jaringan listrik. Tak hanya itu, Abdul juga tidak bisa menjelaskan berapa pohon yang sudah ditebang, pihaknya hanya menegaskan bahwa langkah yang diambil ini hasil kesepakatan dengan Sekretaris Desa.

Tonton Video Suasana Penebangan

*(Agus Firman)

BULETIN INDONESIA NEWS