oleh

Mobil Rusak Akibat Gempa Cianjur Bisa Dapat Asuransi?

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Gempa bumi yang terjadi di Cianjur dan sekitarnya pada hari Senin (21/11/2022) lalu rupanya tidak hanya menghancurkan rumah dan bangunan saja, tetapi banyak juga kendaraan-kendaraan warga yang terdampak.

Bagi mereka yang sudah lebih dulu mendapat perlindungan asuransi, mungkin bisa lebih tenang. Hanya saja yang harus diperhatikan adalah tidak semua asuransi bisa menanggung dampak terkena bencana seperti gempa bumi.

Head of Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, Laurenties Iwan Pranoto menjelaskan, hal ini tergantung pada jenis dan tipe asuransi apa yang digunakan, juga dilihat dari perluasan atau manfaat tambahan yang diambilnya.

Dilansir dari Kompas.com pada Rabu (23/11/2022), Iwan mengatakan bahwa hal itu bisa di-cover jika sudah memiliki perluasan jaminan terhadap bencana alam.

“Karena bencana alam seperti gempa, banjir, huru-hara, masuknya  pengecualian. Jadi supaya bisa ter-cover harus ada jaminan perluasan,” lanjutnya.

Apabila kendaraan telah dilindungi asuransi yang meliputi perluasan terhadap bencana alam, prosedur bisa dilanjutkan dengan cara menghubungi asuransi tersebut dan dilanjutkan dengan melengkapi beberapa form pengajuan.

Ada pun beberapa dokumen lain yang harus dipersiapkan antara lain, kronologis kejadian polis dan juga sertifikat STNK, BPKB, SIM, KTP, sampai foto kendaraan yang dimaksud.

Pada dasarnya ada dua jenis asuransi kendaraan, yaitu Total Loss Only (TLO) yang mempunyai 75 persen dari harga kendaraan sebelum mengalami kehilangan dan comprehensive yang menanggung seluruh resiko kerusakan ringan sampai berat serta kehilangan.

Meskipun begitu, asuransi kendaraan comprehensive seringnya belum meng-cover kejadian bencana alam seperti gempa. Hal itu sesuai dengan yang terdapat di Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia Bab II tentang Pengecualian, Pasal 3 poin 3 yang berbunyi :

Pertanggungan ini tidak menjamin kerugian, kerusakan dan atau biaya atas Kendaraan Bermotor dan atau tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga yang langsung maupun tidak langsung disebabkan oleh, akibat dari, ditimbulkan oleh :

3.1. kerusuhan, pemogokan, penghalangan bekerja, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat, pengambil-alihan kekuasaan, revolusi, pemberontakan, kekuatan militer, invasi, perang saudara, perang dan permusuhan, makar, terorisme, sabotase, penjarahan;

3.2. gempa bumi, letusan gunung berapi, angin topan, badai, tsunami, hujan es, banjir, genangan air, tanah longsor atau gejala geologi atau meteorologi lainnya;

3.3. reaksi nuklir, termasuk tetai tidak terbatas pada radiasi nuklir, ionisasi, fusi, fisi, atau pencemaran radio aktif, tanpa memandang apakah itu terjadi di dalam atau di luar Kendaraaan Bermotor dan atau kepentingan yang dipertanggungkan.