oleh

Musuh Coba Menyusup ke Wilayah Lanud Sulaiman Berhasil Dilumpuhkan

Buletin Indonesia News.com

Margahayu-Kab Bandung, — Suara tembakan tiba-tiba terdengar saat satu regu prajurit Lanud Sulaiman yang di pimpin Serka Pas Arwin melaksanakan patroli Pertahanan Pangkalan di Sektor 1 tepatnya dibagian luar atau patok perbatasan sungai dan hutan belakang lapangan golf Lanud Sulaiman.

Tembak menembak pun tidak terhindarkan. Regu Patroli mendapat situasi dari musuh dan terjadi pertempuran perjumpaan yang diawali tembakan dari bulsi (Penimbul Situasi) atau musuh.

Serangan tersebut mengakitbatkan satu orang anggota regu tertembak dan mengalami luka serius di kaki kiri. Akhirnya regu patroli melakukan pengejaran dan perlawanan dengan taktik lambung kiri.

Pengejaran terus dilakukan dan akhirnya bulsit/musuh terdesak mundur dan ditemukan dua orang pihak musuh tertembak (meninggal) dan berhasil menyita material berupa 2 pucuk senjata, amunisi, bahan peledak serta beberapa dokumen untuk dijadikan sebagai barang bukti.

Lolos 1 Patroli dilanjutkan ke perimeter pertahanan selanjutnya (patok perbatasan sungai dan hutan jati belakang Komplek Blok C Lanud Sulaiman). Di sini patroli regu 2 yang dipimpin Serka Pas Adrian menemukan jejak bulsit/musuh berupa tanda taktis.

Menyikapi situasi tersebut Danru melaksanakan perkiraan tempat/medan dan segera koordinasi dengan Wadanru untuk segera melakukan mengintaian.

Dari hasil pengintaian Danru putuskan lakukan penyergapan dengan cara senyap ke kubu musuh dan pendadakan secara tiba-tiba untuk mengancurkan petahanan musuh. Penyergapan berhasil, musuh hancur terkena granat.

Setelah berhasil melakukan penyergapan, regu patroli selanjutnya melakukan penyisiran dan menemukan satu mayat musuh masih utuh dan senjata dan amunisi.

Skenario ini merupakan Latihan Pertahanan Pangkalan bagi Prajurit Lanud Sulaiman yang dilaksanakan secara beregu, bertempat di Area Lanud Sulaiman. Rabu (29/06/2022).

Komandan Lanud Sulaiman melalui Kadisopos Lanud Sulaiaman Letkol Lek Petrus P. menyampaikan bahwa, Latihan Pertahanan Pangkalan ini merupakan program kerja Lanud Sulaiman bidang operasi dan latihan yang dilaksanakan persemester.

Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran kepada seluruh personel tentang pertahanan pangkalan, melatih serta meningkatkan keterampilan, kesiapan siagaan seluruh anggota Lanud Sulaiman.

Sementara sasaran latihan ini adalah agar personel Lanud Sulaiman mengetahui dan menguasai medan seputar Lanud dan mampu mempertahankan seluruh obyek yang ada didalamnya.

Latihan yang berlansung satu hari ini dipantau langsung oleh Komandan Lanud Sulaiman Kolonel Pnb Mokh. Mukhson S.E., M.M. dan ditinjau langsung oleh Paban I/Renlat Diklat Kodiklatau Kolonel Pnb Tiopan Hutapea S.Sos., MAP. dan Pabandyagarlat Paban II/ Opslat Ditlat Kodiklatau.

Peserta Latihan melibatkan seluruh unsur personel satuan kerja Lanud Sulaiman, diawali dengan apel dan pengecekan pasukan, serta pengarahan dari Paban I/Renlat Diklat Kodiklatau.

Disampaikan agar sungguh sungguh melaksanakan latihan dan perhatikan penggunaan senjata dan amunisi serta utamakan safety.

Hadir dalam latihan tersebut Kepala Seksi Operasi dan Latihan Lanud Sulaiman Mayor Lek Suwono dan Kepala Seksi Pertahanan Pangkalan Lanud Sulaiman dan para pendukung latihan lainnya.

(Purwadhi)