Nur Muttaqin: Pengurus Karang Taruna Harus Tahu dan Bisa Menjalankan Tufoksinya

Nur Muttaqin: Pengurus Karang Taruna Harus Tahu dan Bisa Menjalankan Tufoksinya

Nur Muttaqin, Pengurus Karang Taruna Harus Tahu dan Bisa Menjalankan Tufoksinya

CIAMIS, buletinindonesianews.com – Pengurus Karang Taruna harus mengetahui dan bisa menjalankan tugas, pokok dan fungsinya, hal itu dikatakan Wakil Ketua III Bidang Hukum dan Advokasi Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Nur Muttaqin dalam acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Karang Taruna Jaya Dibuana Kelurahan Kertasari, Sabtu, (28/11/2020) di Aula Kantor Kecamatan Ciamis.

Wakil Ketua III Bidang Hukum dan Advokasi Karang Taruna Kabupaten Ciamis, Nur Muttaqin dalam acara pelantikan dan pengukuhan pengurus Karang Taruna Jaya Dibuana Kelurahan Kertasari

Menurutnya banyak potensi sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki Karang Taruna Jaya Dibuana, semoga sesuai dengan ekspetasi awal, semangat para pengurusnya juga tinggi, tinggal penyalurannya.

“Mereka harus sering ngumpul, sharing, berdiskusi sehingga nantinya akan muncul wawasan, ide kreatif untuk pengembangan muda-mudi di Kelurahan Kertasari ini,” katanya.

Dijelaskannya semua pengurus Karang Taruna Jaya Dibuana yang sudah dibentuk dan dilantik tersebut harus menhetahui juga bisa menjalankan tugas, pokok dan fungsinya, sehingga bisa maju, jangan dibentuk terus diam tidak ada kegiatan.

“Semoga Karang Taruna Jaya Dibuana ini bisa lebih maju dan terbaik dalam penilaian yang diadakan Karang Taruna Kecamatan Ciamis setiap tahunnya,” harapnya.

Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciamis, Utis Kustiaman

Ketua Karang Taruna Kecamatan Ciamis, Utis Kustiaman mengatakan Karang Taruna merupakan organisasi sosial yang dibentuk atas kesadaran diri untuk kesejahteraan sosial, untuk itu perlu adanya kesadaran diri dan persamaan persepsi terkait keorganisasian Karang Taruna.

“Karang Taruna merupakan organisasi pengkaderan generasi muda, tentunya kita harus bisa memberikan pengetahuan, pemahaman tentang keorganisasian tersebut bagi pengurus dan anggotanya,” jelasnya.

Menurutnya, Karang Taruna Jaya Dibuana Kelurahan Kertasari harus bisa menjadi salah satu media organisasi yang bisa menampung seluruh ide, kreatifitas dan wawasan generasi muda agar bisa mengembangkan potensi yang ada, juga harus mempunyai integritas, solidaritas, loyalitas, sinergitas dan kualitas yang dapat dijadikan sebagai nilai dasar dalam Karang Taruna.

“Karang Taruna Jaya Dibuana ini harus menjadi inisiator, motivator dan garda terdepan dalam pengembangan generasi muda, untuk itu kita harus sama-sama memajukan semua aspek yang ada agar Kelurahan Kertasari bisa maju dan terdepan dalam segala bidang,” jelasnya.

Ketua Karang Taruna Jaya Dibuana Kelurahan Kertasari, Mulyana. SE

Sementara Ketua Karang Taruna Jaya Dibuana Kelurahan Kertasari, Mulyana. SE menambahkan setelah pelantikan pihaknya akan melakukan koordinasi dengan para pengurus lainnya tentang program Karang Taruna kedepannya.

“Kami akan melakukan rapat dengan para pengurus untuk membahas program kedepannya, baik itu program dalam bidang olahraga, pemberdayaan dan program sosial lainnya,” katanya.

Menurutnya untuk mencapai program tersebut, pihaknya akan bersinergi dengan berbagai elemen diantaranya dengan Kelurahan, lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM) Kelurahan Kertasari, Karang Taruna Kecamatan dan Karang Taruna Kabupaten Ciamis.

“Kami akan menggali semua potensi yang ada, baik itu potensi SDM, sumber daya alam (SDA) juga potensi usaha mikro kecil menengah (UMKM) lokal yang ada di kelurahan Kertasari,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN