Offroader Tanam Pohon Di Gunung Sawal Ciamis

Offroader Tanam Pohon Di Gunung Sawal Ciamis

Buletin Indonesia News
CIAMIS,–
Komunitas Trail Adventure Bratas Unigal menggelar penanaman pohon di kawasan hutan Gunung Sawal Ciamis Jawa Barat, 01 November 2020.
Penanaman pohon ini dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat pentingnya menjaga hutan demi mencegah terjadinya bencana alam.

Penanaman pohon ini dilakukan bersama pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis, Polres, Kejaksaan Negeri dan Kodim 0613 Ciamis. Lokasi penanam pohon yang merupakan salah satu wisata trail adventure sebagai upaya pencegahan dini terjadinya exploitasi hutan sehingga para offroader turut mengambil peran dalam melindungi Hutan Gunungsawal.
Ketua komunitas Bratas Unigal, Dr. Yat Rospia Brata mengatakan penanaman pohon akan terus digencarkan secara berkelanjutan terutama wilayah yang sudah terancam gundul akibat eksploitasi dari pihak-pihak yang lebih mengutamakan kepentingan profit. Untuk mensukseskan penanaman pohon ini, mengajak seluruh komunitas pegiat dan pencinta lingkungan baik dari kalangan masyarakat, pelajar maupun mahasiswa.

Tonton Suasana Lokasi Penanaman :

Yat juga mengajak seluruh komunitas trail agar turut serta dalam kegiatan penanaman sehingga dalam menyalurkan hobi bisa sambil menanam satu atau dua bibit pohon demi pelestarian kawasan hutan Gunungsawal.

Sementara itu, Kapolres Ciamis, AKBP. Dony Eka Putra, S.IK., M.H mengatakan Selain acara penanaman pohon, juga dilakukan peletakan batu pertama untuk pembangunan musholah ditengah hutan Gunung Sawal atau tepatnya di Kawasan hutan sekitar Desa Darmacaang Kecamatan Cikoneng, agar para offroader bisa menjalankan shalat lima waktu.
Kapolres berpesan agar para offroader tetap menjaga lingkungan hutan di kawasan wisata trail ini, dengan tetap pada jaluar yang selama ini digunakan sebagai jalur adventure.

Laporan : Agus Firman

Admin BIN