oleh

Opening Ceremony Porprov ke-XIV Jabar Digelar Meriah di Kabupaten Ciamis

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Pergelaran Opening Ceremony Porprov ke-XIV Jabar digelar dengan meriah di Stadion Galuh Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Sabtu (12/11/2022) malam.

Meskipun, diguyur hujan sedang. Para kontingen dan atlet Kabupaten/Kota tetap datang  mengikuti jalannya acara Opening Ceremony Porprov ke-XIV, bahkan para penonton pun antusias berdatangan ke Stadion Galuh.

Ketua Panitia Pusat Porprov Jabar DR. H. M. Budiana S.IP, M.SI., mengatakan bahwa pelaksanaan ajang Porprov ke-XIV digelar di 3 kota besar yang ada di Jawa Barat. Antara lain, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Subang, dan Kabupaten Bandung Barat.

“Pelaksanaan event Porprov Jawa Barat XIV 2022 dilaksanakan di 3 daerah tuan rumah utama yakni Kabupaten Ciamis, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Subang. Serta daerah enam penyangga yakni Kabupaten Bandung, Kabupaten Garut, Kota Banjar, Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bekasi,” kata Budiana.

Foto : Ketua Panitia Pusat Porprov Jabar DR. H. M. Budiana S.IP, M.SI

Budiana menyebutkan, ajang Porprov ke-XIV Jabar memperebutkan 1.044 medali dari 78 cabang olahraga yang dipertandingkan. 27 Kabupaten/Kota telah membawa medali yang dimenangkan oleh para atletnya di ajang tersebut.

“Dengan mempertandingkan 78 sub cabanag olahraga dari 1.044 nomor pertandingan yang memperebutkan 1.044 medali. Pertandingan Pekan Olahraga (Porprov) Jabar ke XIV tahun 2022 sudah digelar mulai tanggal 25 Oktober 2022 dengan cabang olahraga bola voli indoor di Kabupaten Subang. Hingga tanggal 12 November 2022, medali yang sudah di perebutkan 27 kabupaten/kota sebanyak 980 medali dengan rincian 295 medali emas, 289 medali perak, 396 medali perunggu,” ucapnya.

Bupati Ciamis Herdiat Sunarya, mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang telah mempercayakan Kabupaten Ciamis sebagai tuan rumah Porprov ke-XIV Jabar tahun 2022. Herdiat juga mengatakan bahwa menjadi tuan rumah Porprov ke-XIV Jabar di tahun 2022 merupakan kebangkitannya masyarakat Kabupaten Ciamis setelah pandemi Covid-19.

“Hadirin yang berbahagia, terutama kepada para atlet, para manager, para pelatih. Selamat datang, selamat bertanding di Kabupaten Ciamis. Tentu dengan menjunjung tinggi sportifitas. Kami mengahaturkan (mengucapkan) ucapan terimakasih kepada bapak Gubernur Jawa Barat, kepada bapak Ketua KONI Provinsi Jawa Barat yang telah memberikan kepercayaan kepada pemerintah Kabupaten Ciamis menjadi tuan rumah Porprov ke-XIV. Tentu merupakan kebahagiaan kehormatan bagi kami masyarakat Tatar Galuh Kabupaten Ciamis. Hal ini merupakan kebangkitan masyarakat di Kabupaten Ciamis terutama pasca pandemi covid-19,” ucapnya.

Foto : Bupati Ciamis Herdiat Sunarya

Herdiat meminta maaf, jika Opening Ceremony Porprov ke-XIV Jabar di tahun 2022 yang digelar di Stadion Galuh Kabupaten Ciamis tidak sempurna. Dia berjanji akan memperbaiki kekurangan di acara tersebut.

“Yang terakhir kepada pak Gubernur, pak Ketua KONI Jawa Barat beserta jajaran, mohon maaf yang sebesar-beasrnya. Apabila di dalam penyelenggaraan ini jauh daripada kata sempurna, tentu banyak sekali kekurangan-kekurangan yang Insya Allah kedepan akan kita perbaiki,” katanya.

Ketua KONI Jawa Barat Brigadir Jenderal TNI (Purn.) H. Ahmad Saefudin, S.E., M.M., AIFO. Mengatakan bahwa banyaknya atlet baru merupakan kemajuan dari Jawa Barat untuk mempersiapkan ajang PON (Pekan Olahraga Nasional) yang akan digelar di Sumatera Utara di tahun 2024 mendatang.

“Kalau kami lihat, dari kehadiran para atlet dari 13,050 tersebut. Ternyata hadir kurang lebih 12,000 adalah atlet-atlet yang junior. Berarti ini menandakan bahwa sudah terwujud kaderisasi-kaderisasi atlet yang akan menggantikan posisi atlet senior yang nantinya akan tampil di Pekan Olahraga Nasional Sumatra Utara. Ini tiada lain adalah untuk menjawab, bahwa Jawa Barat memliki kontribusi terbesar dalam keprestasian nasional dan juga mampu memelihara keniscayaan Jawa Barat sebagain yang terbaik. Di dalam perhelatan Pekan Olahraga Nasional Indonesia,” katanya.

Foto Ketua KONI Jawa Barat Brigadir Jenderal TNI (Purn.) H. Ahmad Saefudin, S.E., M.M., AIFO.

Ahmad Saefudin mengharapkan dan mendoakan, agar atlet Jawa Barat bisa menoreh prestasi nasional maupun internasional.

Opening Ceremony Porprov ke-XIV Jabar dimeriahkan oleh grup band Jamrud dan grup band asal Ciamis yaitu Masterplan.

Acara Opening Ceremony Porprov ke-XIV Jabar dihadiri oleh Wakil Gubernur Jawa Barat, Forkopimda Jawa Barat,Kepala Kejaksaan Tinggi dan Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi, Wakil Ketua Komisi V DPRD Jawa Barat, Sekretaris Jenderal KONI Pusat Jawa Barat, Kadispora Jawa Barat, Ketua Umum KONI Jawa Tengah, Ketua Umum KONI Jawa Timur, Ketua Umum KONI Daerah Istimewa Yogyakarta, Ketua Umum KONI Sulawesi Tenggara, dan masih banyak lagi. Namun sayang, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil tidak hadir di acara Opening Ceremony Porprov ke-XIV Jabar tahun 2022 yang merupakan acara atau ajang kejuaraan olahraga besar di Jawa Barat.

(Reporter : *Tegar Anjar Abadi & *Arrizal Adam Gunawan Putra)