oleh

Pakar Hukum : Dibutuhkan Peran Mahfud MD untuk Membasmi Anggota Polisi yang Menjadi Mafia

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA. – Margarito Kamis seorang Akademisi sekaligus Pakar Hukum Tata Negara mendesak Mahfud MD Menkopolhukam (Menteri Koodinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan) untuk meminta kepada Presiden Jokowi agar segera menyelesaikan permasalahan yang kini sedang dihadapi oleh Polri.

Kasus yang kini menjadi sorotan masyarakat yaitu, pemerasan sejumlah perwira Polri kepada pelapor penipuan arloji ternama Richard Mille dan setoran dana tambang yang ilegal kepada petinggi Bareskrim Polri.

Masing-masing dari kasus tersebut diduga membawa nama para jenderal polisi, diantaranya Irjen Andi Rian Djajadi yang menjabat Kapolda Kalimantan Selatan, sampai Komjen Pol Agus Andrianto Kepala Bareskrim Polri.

“Menurut saya, Pak Mahfud segera memberitahukan kasus itu(pemerasan dan mafia tambang) kepada presiden dan meminta approval presiden. Dengan begitu, maka Pak Mahfud bisa leluasa bekerja mengimplementasikan kebijakan tersebut,” kata Margarito, hari Rabu (24/11/2022).

Margarito menekankan peran seorang Mahfud MD untuk segera bertindak demi memperbaiki nama baik institusi Polri, dia meyakinkan bahwa Mahfud dapat memberikan dorongan kepada Polri agar menengakkan hukum dan mengembalikan citra kepolisian.

Terkait hal tersebut, dibutuhkannya sosok Menkopolhukam yang memiliki ketegasan dalam kasus yang membawa nama-nama perwira tinggi di kepolisian. Seperti ketegasan Mahfud MD di dalam kasus Ferdy Sambo atau pembunuhan Brigadir J.

Foto : Akademisi Sekaligus Pakar Hukum Tata Negara Margarito Kamis_net

“Pak Mahfud sebagai menteri membantu Presiden di Bidang politik, hukum, dan keamanan. Seperti yang sudah beliau lakukan dalam kasus Sambo, sekali lagi tepat kalau sikap yang sama ditunjukan di kasus yang ini,” ujar Margarito.

Margarito menilai, bahwa kedua kasus tersebut sangatlah serius. Karena pelanggaran hukum yang telah terbuka akan menyebabkan publik semakin tidak percaya dengan institusi kepolisian.

Margarito mengharapkan, Mahfud MD akan melaporkan dan meminta atensi dari Presiden Jokowi serta meyakinkan bahwa permasalahan ini harus segera diselesaikan karena sangatlah penting.