oleh

PAN Usulkan 3 Kandidat Penjabat Gubernur Pengganti Anies

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA, — Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) DPRD DKI Jakarta memberikan tiga nama kandidat Penjabat (Pj) Gubernur pengganti Anies Baswedan. Tiga nama tersebut akan diusulkan dalam Rapat Pimpinan Gabungan (Rapimgab) DPRD DKI Jakarta yang digelar tertutup pada, Selasa (13/9/2022).

Berdasarkan surat yang diterima bernomor 037/12.09/F.PAN/IX/2022, Fraksi PAN telah menyiapkan tiga nama pegawai negeri sipil (PNS) eselon satu atau pegawai yang memiliki jabatan pimpinan tinggi (JPT) madya. Terdapat dua nama PNS di luar lingkungan Pemprov DKI dan satu nama dari dalam Pemprov DKI.

“Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta mengusulkan nama-nama calon Penjabat Gubernur DKI Jakarta sebagai berikut: Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri Bahtiar; Kepala Sekretariat Kepresidenan Heru Budi Hartono; dan Sekda DKI Jakarta Marullah Matali,” bunyi surat yang diteken Ketua Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Bambang Kusumanto dan Sekretaris Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Oman R Rakinda.

Dalam surat itu, Bambang menjelaskan tiga kandidat itu diusulkan untuk menindaklanjuti surat pimpinan DPRD DKI Jakarta Nomor 949/KG.03.06 tanggal 12 September 2021.

Sebelumnya, DPRD DKI Jakarta sepakat menentukan tiga nama yang berasal dari suara terbanyak yang dipilih dari sembilan fraksi untuk diusulkan sebagai calon Penjabat (Pj) Gubernur.

Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi membeberkan sembilan fraksi di DPRD DKI Jakarta memiliki hak untuk mengusulkan tiga nama  berdasarkan hasil rapat pimpinan gabungan (Rapimgab). Kemudian dipilih tiga berdasarkan suara terbanyak dari 27 nama yang muncul.

“Hasilnya dia (fraksi) menyerahkan ke kita di amplop atas nama fraksi, pakai kop surat, tiga orang. Tinggal dihitung saja paling tertinggi siapa,” kata Pras.