PAPPRI Hadir Bantu Seniman Musik di Ciamis

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Pelantikan DPC Pengurus Persatuan Artis Penyanyi, Pencipta Lagu dan Pemusik Republik Indonesia (PAPPRI) Kabupaten Ciamis digelar di Puja Seda Ciamis, Jawa Barat, pada Sabtu (28/01/2023).

RD Gunawan Sumadikara Ketua DPP PAPPRI Jawa Barat mengatakan, tujuan terbentuknya PAPPRI adalah untuk membantu para seniman musik yang ada. Khususnya di Kabupaten Ciamis.

“Justru terbentuknya PAPPRI ini ingin merangkul para penyanyi-penyanyi yang masih ada di Kabupaten Ciamis, karena PAPPRI Ciamis baru ada. Jadi penyanyi, pemusik, segala macam yang ada di Ciamis. Nanti kalau ada pembukaan sertifikasi Insya Allah mungkin dari Kabupaten Ciamis itu pasti terdaftar di Jawa Barat,” katanya.

“Untuk sementara kemarin-kemarin, karena belum ada PAPPRI di Ciamis. Sehingga kami dari DPD Jawa Barat juga merasa Ciamis ini belum tersentuh dan insya Allah ke depannya kalau ada apa-apa mengenai sertifikasi untuk penyanyi, pemusik, atau pencipta lagu. Semoga dengan adanya PAPPRI di Ciamis, itu para penyanyi, dan pencipta lagu bisa terorganisir,” sambungnya.

Yagus Triana H.S selaku Ketua DPC PAPPRI Kab. Ciamis mengatakan, PAPPRI merupakan wadah bagi para seniman musik untuk berkreasi.

“Jadi memang banyak hal yang bisa dilakukan di PAPPRI ini, di samping pemahaman atau pengetahuan. Kemudian juga yang paling gampangnya adalah PAPPRI ini bisa dijadikan satu wadah untuk berkreasi, terutama yang hubungannya dengan industri,” katanya.

Yagus menjelaskan, bahwa banyak pencipta lagu yang tidak mendapatkan hasil apapun. Menurutnya, hal tersebut dikarenakan minimnya pengetahuan.

“Seringkali terjadi seorang pencipta lagu sampai dia tua tidak dapat apa-apa, gara-gara pemahaman yang kurang dan hak-hak para musisi, artis pencipta lagu, dan pemusik demikian juga di Ciamis. Makanya tadi termasuk dalam konteks tadi pemahaman,” jelasnya.

Yagus menuturkan, nantinya para seniman musik yang bergabung dengan PAPPRI akan diberikan arahan. Khususnya pengetahuan.

“Kita akan arahkan ke pengembangan dan pemahaman mereka tentang bagaimana berkreasi, sehingga tidak hanya menunjukkan dedikasi kepada musik. Tetapi juga dapat menghasilkan secara ekonomis,” tuturnya.

Yagus menambahkan, bagi para seniman musik yang ingin mendapatkan sertifikasi harus mendaftar dan melewati beberapa tahapan. Jika berhasil melewati tahapan yang diberikan, maka sertifikasi akan diberikan dan rate seniman yang memiliki sertifikasi akan lebih tinggi daripada rate seniman yang tidak mempunyai sertifikasi.

(Reporter : *Tegar Anjar Abadi)