oleh

Pasar Banjarsari Kebakaran Akibat Korsleting Listrik

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Puluhan kios di Blok B Pasar Banjarsari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, terbakar ludes oleh si jago merah, pada hari Selasa (27/9/2022) kebakaran terjadi waktu tengah malam. Kebakaran pasar tersebut terjadi diduga korsleting listrik di salah satu kios pakaian yang mengakibatkan kebakaran hebat.

Tidak ada korban jiwa di musibah tersebut, namun kerugian yang dialami oleh pedagang mecapai ratusan juta rupiah. Api pertama kali dilihat oleh pertugas keamanan pasar yang sedang berkeliling sekitar jam 23.45 WIB, api tersebut cepat membesar dan membakar kios lainnya. Alasan api cepat membesar karena material yang di dalam kios blok B merupakan material yang mudah terbakar, contohnya pakaian.

“Dugaan sementara kebakaran puluhan kios Pasar Banjarsari tersebut, akibat dari korsleting listrik di salah satu kios pakaian di Blok B,” kata Komar Sanjaya petugas UPTD Pasar.

Menurut data dari seluruh kios di Blok B Pasar Banjarsari, Komar menjelaskan bahwa sebanyak 174 kios terbakar dan yang habis terbakar berjumlah 54 kios.

“Kobaran api berhasil dipadamkan dua jam setelah petugas pemadam datang dibantu warga, api padam dengan enam unit pancar, dan dua unit tangki BPBD. Meski tidak ada korban jiwa, kebakaran pasar ini menyebabkan kerugian mencapai ratusan juta,” jelasnya.