oleh

Payung Geulis Tasikmalaya Wakili Indonesia di Fetival Thailand

Buletin Indonesia News.com

TASIKMALAYA, Jabar – Payung Geulis (Cantik) merupakan ikon dari Kota Tasikmalaya yang mewakili Indonesia di Borsang Umbrella Festival Thailand yang akan digelar mulai tanggal 20 Januari sampai 24 Januari 2023, keikutsertaan Kota Tasikmalaya dalam festival tersebut usai ditunjuk oleh penyelenggara.

Ivan Dicksan selaku Sekretaris Daerah Kota Tasikmalaya mengatakan, bahwa Payung Geulis ditunjuk bermula dari salah satu perusahaan yang suka dan memiliki inisiatif untuk terlibat di dalam festival yang digelar di Thailand, perusahaan tersebut ingin mempromosikan dan memperkenalkan ikon Tasikmalaya tersebut ke tingkat Internasional.

“Fetival di Thailand sangat cocok dengan kategori Payung Geulis selama ini, karena mengedepankan desain dengan bahan dari bamboo,” kata Ivan, pada Senin (16/01/2023).

Ivan menjelaskan, Payung Geulis bukan hanya untuk meneduh atau melindungi dari air hujan. Namun, sebagai alat hias ruangan.

“Yang ditonjolkan nanti dalam festival adalah ciri khas kearifan lokal dan keunggulan budaya kita, Payung Geulis ini dikenalkan bukan hanya di nasional. Namun, tingkat internasional tapi di tingkat lokal juga bagaimana kita juga harus mengenal dan mencintai produk-produk lokal kita,” jelasnya.

Ivan mengaku, bahwa pihaknya senantiasa meminta agar Payung Geulis menghiasi tempat-tempat umum dan pelayanan agar masyarakat mengenal Payung Geulis.

“Jadi siapapun yang datang ke kantor manapun, merea lihat ada payung gitu. Jadi dimana-mana akan terlihat ada Payung Geulis di wilayah Kota Tasikmalaya,” ujarnya.