oleh

Pembinaan Karakter Peserta Didik Harus Jadi Pemikiran Bersama

-Ciamis-73 views

Buletin Indonesia News

Ciamis,– Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Dr. H. Wawan AS Arifin mengatakan karakter peserta didik baik tingkat SD, SMP ataupun SMA di  Ciamis harus menjadi bahan pemikiran bersama.

Hal ini karena perkembangan zaman dan budaya dapat merubah karakter anak secara tidak langsung. Sehingga karakter orang tua dan guru lah yang pertama kali harus di perbaiki. Demikian Ia ungkapkan saat Workshop Seni Budaya di Aula STIKes Muhammadiyah, Jumat (29/09/17).

Sementara itu Kata Dia, pengertian dari Budaya adalah sesuatu yang menjadi pembiasaan. Termasuk kearifan lokal setiap daerah dapat berpengaruh terhadap karakter anak.

“Kita harus ingat bahwa karakter tidak bisa di pelajari dengan teori, tapi sesuai apa yang di contohkan orang di sekitar Kita. Jika seorang siswa tentu kebiasaannya akan meniru gurunya secara tidak langsung,” papar Wawan.

Dia menjelaskan, kebiasaan yang biasa di tiru siswa selain apa yang di tuliskan guru, perkataan lisan pun berpengaruh terhadap kebiasaan siswa. “Untuk itu  ucapan guru harus dijaga karena ucapan yang keluar dari  guru akan ditiru dan menjadi kebiasaan siswa yang sudah tidak di pikirkan lagi bahkan akan terbawa hingga mereka dewasa,” pungkas Wawan.

Reporter : Lilis Susilawati/Hsn

Komentar

News Feed