Pembukaan Program Bhakti Siliwangi Manunggal satata Sariksa (BSMSS) TNI AD Tahun 2020 di Desa Cibeureum

Pembukaan Program Bhakti Siliwangi Manunggal satata Sariksa (BSMSS) TNI AD Tahun 2020 di Desa Cibeureum

BINews

Banjar, – Komandan Kodim 0616/Ciamis hari ini membuka program Bhakti Siliwangi manunggal Satata Sariksa (BSMSS) yang dilakukan didesa Cibeureum kecamatan Banjar kota Banjar.

Didampingi wakil walikota Banjar, H Nana Suryana, wakapolres Banjar Kompol Drs Ade Najmulloh, dandim 0613 letkol czi Dadan Ramdani S.Sos, M.A.P dalam sambutannya mengatakan bahwa pihaknya menerjunkan personilnya untuk turut membantu dalam proses pemgerasan dan pengaspalan jalan sepanjang 188 meter dengan lebar 2,5 meter yang berlokasi di dusun Cipantaran Rt 17 Rw 4 desa Cibeureum kecamatan Banjar.

Pengerjaan dilakukam secara swadaya, sampai ibu-ibu kompak turun membantu

“dalam pembangunannya nanti diharapkan keberadaan jalan yang dikerjakan secara swadaya masyarakat dapat disesuaikan dengan kondisi pandemi sekarang yakni dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan,” paparnya.

Hal senada dikatakan wakil walikota Banjar dalam sambutannya bahwa BSMSS kali ini tidak semeriah tahun lalu karena dampak pandemi.

“pembangunan pada dasarnya mutlak tanggung jawab pemerintah dengan seluruh elemen TNI Polri serta sinergitas dengan masyarakat. Saat ini, tradisi gotong royong sudah menipis, kecuali di beberapa daerah termasuk cibeureum yg masih kompak masyarakatnya bahkan mereka menghibahkan beberapa tanahnya untuk mendukung program pemerintah.”

Diuraikan wakil walikofa bahwa program BSMSS ini meliputi pembangunan fisik dan non fisik. Untuk pembangunan fisik di dusun Cipantaran nantinya akan menyambungkan 3 titik sentral antara desa Cibereum ke desa Jajawar dan Balokang.

“pembangunan non fisik juga dilakukan dengan adanya pembinaan tentang wawasan kebangsaan utk membangun ketahanan wilayah dan membangun mental masyarakat,” tuntasnya.

Usai meresmikan BSMSS, rombongan kemudian mengunjungi lokasi pembangunan jalan dimana Dandim beserta wakil walikota melakukan peletakan batu pertama yang dilanjutkan proses pembangunannya oleh masyarakat setempat secara swadaya.

(Susi)

Admin BIN