oleh

Pemerintah Kota Banjar Gelar Simulasi Bencana

-Banjar-106 views

Buletin Indonesia News

Banjar,– Puluhan personil Kepolisian Resor (Polres) Banjar bersama TNI, Linmas, BPBD, Polhut dan beberapa pihak terkait mengikuti simulasi bencana alam yang dilaksanakan di TPK Perhutani dilingkungan Cikadu RT 25 RW 11 kecamatan Purwaharja Kota Banjar Jawa Barat yang dilaksakan kemarin, Jumat (17/11/17).

Kegiatan ini bertujuan untuk melatih personil regu penyelamat dalam penanganan bencana alam, seperti pohon tumbang, banjir dan longsor. Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan simulasi penyelamatan korban yang tertimpa bencana alam.

Kapoles Banjar AKBP Twedi,. AB,. S.Sos,. Sik,. M.H. bersama Walikota Banjar saat ditemui awak media usai simulasi tersebut mengungkapkan, “simulasi ini digelar untuk mengetahui sejauh mana kesiapan yang dimiliki oleh pemerintah daerah, serta satuan penyelamat yang ada,”.

Dari simulasi ini, kata Kapolres, diketahui ternyata semua alat dan kebutuhan penangan bencana daerah lengkap, dan siap untuk menghadapi bencana yang tidak bisa diprediksikan.

“Kita menggelar ini juga sekaligus untuk melihat sejauh mana kesiapan penanggulangan bencana jika nanti terjadi,” ujar Walikota.

Simulai tersebut lanjutnya, tidak hanya diikuti oleh personil Polres Banjar, namun juga beberapa instansi terkait lainnya, seperti BPBD, Perhutani, Tagana (Dinas Sosial), Dinas Kesehatan, PMI, Satpol PP, serta TNI.

Kapolres menambahkan, kekuatan yang dimiliki Pemerintah Kota Bajar semua lengkap dan siap dalam menangani bencana yang akan datang.

“Dengan simulasi ini personil di masing-masing instansi bisa terlatih, minimal tangkas dalam bongkar pasang alat personil bisa terasah,” tandasnya.

Reporter : Dayu Septian

Komentar

News Feed