Pemkab Bangka Menerima Penghargaan Standar Pelayanan Kepatuhan Dari Ombudsman RI Perwakilan Bangka Belitung

Buletin Indonesia News.com

Sungailiat Bangka, — Kepala Perwakilan Ombudsman RI. Bangka Belitung menyerahkan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Bangka atas diraihnya penilaian kepatuhan terhadap Standar Pelayanan, Publik Th. 2022, di Rumah Dinas Bupati Bangka, Jum’at (27/1/2023).

Dihadiri Bupati Bangka Mulkan S.H.M.H., Kepala Perwakilan Ombudsman RI. Bangka Belitung Shulby Yozar, Ariadhy beserta jajaran,Sekda Bangka,Kepala Inspektur, Para, OPD, Direktur, Rumah sakit Depati Bahrin, Eko Maulana Ali dan Syafrie Rahman Para Kepala Puskesmas, di Lingkungan Pemkab Bangka Camat se Kabupaten Bangka.

Shulby Yozar Ariady Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Bangka Belitung, mengatakan, penghargaan penilaian kepatuhan standar pelayanan publik yang dilakukan Ombudsman sebagai upaya untuk melihat kualitas pelayanan publik di Pemerintahan Kabupaten dan Kota serta provinsi, kantor pertanahan serta polres-polres di seluruh Indonesia.

“Ini bagian dari upaya kita untuk melihat bagaimana kualitas pelayanan publik yang dilakukan di daerah ini, baik di Pemerintah Daerah, Provinsi, kantor pertanahan dan polres-polres yang ada. Di Bangka Belitung ini Ombudsman melakukan penilaian metodenya kita melihat bagiamana potret kualitas pelayanan itu, pada aspek pemenuhan standart, kompentensi, dari pengelolaan pengaduan dan persepsi masyarakat penguna,” katanya.

“Apa yang didapatkan di Kabupaten Bangka, setelah diakumulasi, kualitas pelayananya masuk zona hijau, artinya kepatuhan yang baik serta sehingga kita anggap kualitas pelayanan tertinggi nilai Kabupaten Bangka ini mengalami peningkatan dari tahun 2021 lalu.Poin ini berdasarkan beberapa metode yang mengindikasikan bahwa kesiapan Pemerintah Kabupaten Bangka untuk memberikan pelayanan sudah cukup baik dan mumpuni,” ungkapnya.

Lanjut Yozar, “Pemerintah Kabupaten Bangka mendapat skor terbaik se-Provinsi Bangka Belitung, bahkan pada aspek standard pelayanannya merupakan skor paling tinggi secara nasional. Dan ini mengindikasikan bahwa Pemerintah Kabupaten Bangka sudah bekerja secara sistem, dan tentunya harus ditingkatkan lagi kedepan,” harapnya.

Bupati Bangka, Mulkan SH.MH sambutannya mengatakan dalam rangka penyerahan penghargaan, penilaian kepatuhan terhadap standar pelayanan publik, tahun 2022, dari Kepala Perwakilan Ombudsman RI. Bangka Belitung

“Tentunya kami atas nama Kepala Daerah, mengucapkan terima kasih kepada, Ombudsman Perwakilan RI. Bangka Belitung, Bapak Shulby Yozar yang telah hadir bersama-sama kita, memberi apresiasi ataupun penghargaan kepada OPD-OPD yang, menjadi lokus penilaian pelayanan publik,” kata Mulkan.

“Ada tujuh yaitu yang dijadikan lokus terhadap penilaian, kepatuhan pelayanan publik. Yang pertama Dinas Sosial
Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Dukcapil, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Satu pintu untuk Puskesmas yang pertama Puskesmas Sinar Baru, Puskesmas, Pemali,” jelas Mulkan.

Bupati Bangka Mulkan sampaikan bagaimana kita memiliki konsistensi terhadap memberi pelayanan yang terbaik yang prima kepada masyarakat, kita harus taat memberi pelayanan-pelayanan yang prima yang terbaik yang harus kita berikan kepada masyarakat kita.

“Dan kami berharap kepada semua dalam hal ini mangkin tahun makin bertambah lokus, yang lain harus mempersiapkan diri juga menjadi objek penilaian seperti Rumah Sakit Eko Maulana Ali, Rumah Sakit Syafrie Rahman, Depati Bahrin. Salah satu, contoh dua puskesmas yang sudah menjadi, nominasi ini berkembang, dan puskesmas lainnya harus mempersiapkan diri juga,” harap Mulkan.

“Tujuan memberi penghargaan ini mungkin kita juga sudah bersama-sama bekerja keras memberikan pelayanan yang, terbaik dari tim penilai kita memberi apresiasi kepada (OPD) Dan juga memberi motivasi, jangan kita anggap piagam tidak berharga, Itu salah satu keberhasilan kita. Salah satu menjadi motivasi kepada yang akan menjabat secara pengkaderan,jadi kepada OPD-OPD yang lain, memang hari ini belum menjadi objek penilaian, tetapi tetap harus mempersiapkan, sama dengan DPRD karena berkaitan langsung dengan pelayanan masyarakat, memberikan pelayanan ketika ada aspirasi masuk ke dewan,” ujarnya.

Tambahnya “Inilah yang sering saya gaung-gaungkan kita jangan kalah saing dengan daerah lain kenapa berbicara masalah kinerja, kita ingin menunjukkan SDM-SDM kita yang berkualitas.Berarti kita sudah memiliki grade, nilai plus. Kalau sebaliknya kita tidak berprestasi apa yang mau kita jual, bukan mendapat pujian bahkan kita diremehkan,” jelasnya.

“Jangan takut dengan pimpinan,
bagaimana saya harus menjadi yang lebih hebat jangan kebalikan. Supaya ke depan Pemkab Bangka bisa bertahan lebih baik bahkan lebih meningkat prestasi-prestasinya, bahwa kita harus konsistensi ini yang harus kita pertahankan,
agar ke depan Pemkab Bangka bisa lebih baik lagi,” tegas Bupati Bangka Mulkan.

(WW)