Pemkab Ciamis Ajak UMKM dan Ibu Rumah Tangga Hadapi Era Digitalisasi

Buletin Indoensia News.com

CIAMIS, Jabar – Pemkab Ciamis gelar acara Edukasi Keuangan bagi UMKM dan ibu rumah tangga yang diselenggarakan di Gedung Islamic Senter Ciamis, Kamis (16/03/2023).

Acara tersebut diperuntukan bagi UMKM dan ibu rumah tangga untuk menghadapi jaman digitalisasi.

Dr. Agun Gunandjar Sudarsa, Bc.IP, M.Si mengatakan UMKM dan ibu-ibu rumah tangga merupakan poros terdepan dalam perekonomian.

“Ketika dalam masa pandemi, industri semua berhenti. Yang masih mampu menggerakan sektor perekonomian kita itu umkm dan ibu-ibu rumah tagga,” ujar Agun.

“Oleh karena itu, mereka juga menjadi bagian yang terdepan dalam menghadapi tantangan era digital ini, dimana dalam pergerakan perekonomian ke depan itu sangat digital. Tidak akan ada lagi pembayaran yang pake tunai, kita sudah pake barcode dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Agun menambahkan, bahkan kegiatan perekonomian jasa keuangan juga sudah menjadi digital, “Investasi, pinjaman, penyaluran kedit dan lain sebagainya itu semua sudah serba digital. Oleh karena itu, edukasi ini menjadi penting supaya mereka bisa mengikuti jaman digitalisasi ini,” ungkapnya.

Juga supaya UMKM dan ibu-ibu rumah tangga bisa terhindar dari kejahatan digital yang semakin marak di era digitalisasi ini.

“Bukan berarti kegiatan ini untuk menakut-nakuti agar mereka berhenti beraktivitas. Tapi, supaya mereka familiar dengan digital, dia paham dan mampu menguasai dan mengendalikannya,” kata Agun.

Oleh karena itu, edukasi ini penting supaya UMKM dan ibu-ibu rumah tangga semakin baik di era digital ini.

“Itulah mengepa edukasi ini penting. Supaya UMKM dan ibu-ibu rumah tangga sebagai garda terdepan dalam perekonomian yang sudah teruji memberikan dampak terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi kita, datpat semakin baik dalam era digital ini,” ucap agun.

(Reporter : *Arrizal Adam Gunawan Putra)