oleh

Pemkab Ciamis Beri Bantuan Untuk Korban Gempa Cianjur

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ciamis kirimkan bantuan untuk korban bencana gempa bumi di Kabupaten Cianjur, selasa (22/11/2022).

Bantuan tersebut diserahkan di Pendopo Kabupaten Cianjur dan diterima langsung oleh Bupati Cianjur Herman Suherman. Bantuan tersebut nantinya akan disalurkan kepada para korban terdampak bencana gempa bumi.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Ciamis turut berdukacita yang sedalam-dalamnya. Adapun untuk bantuan yang diberikan, semoga bermanfaat bagi para korban bencana,” ucap Sekda Ciamis Tatang, Rabu (23/11/2022).

Berdasarkan data dari Pemkab Ciamis, bantuan yang dikirim untuk korban gempa Cianjur diantaranya 750 dus air mineral, 100 dus mi instan, dan baju bekas yang masih layak pakai. Selain itu, Pemkab Ciamis juga mengirimkan lima orang personel anggota Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk membantu pelaksanaan proses evakuasi korban bencana gempa Cianjur.

Tatang juga berkata, bantuan yang Pemkab Ciamis berikan merupakan bentuk kepedulian masyarakat Tatar Galuh Ciamis. Menurutnya, Pemkab Ciamis senantiasa kembali mengirimkan bantuan apabila bantuan masih diperlukan.

“Ini bantuan awal. Kalau sekiranya diperlukan bantuan tambahan dan bantuan lainnya pun, pesan dari Pak Bupati Ciamis, selagi mampu kami siap turunkan,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur pada Senin (21/11/2022), memakan korban jiwa hingga ratusan orang. Berdasarkan keterangan resmi dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), sampai saat ini tim gabungan masih fokus pada penyelamatan dan pencarian korban bencana gempa.

Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto berkata, pada hari pertama setelah kejadian terjadi, pencarian korban gencar dilakukan oleh semua lembaga terkait.

“Fokus giat tanggap darurat dalam tiga kali 24 jam pertama adalah pencarian dan penyelamatan warga terdampak. Berjalan paralel, sudah tergelar 14 titik pengungsian dengan fasilitas dapur umum, tenaga medis dan logistik yang memadai dan terus disempurnakan,” ujar Suharyanto di Kantor Bupati Cianjur, Jawa Barat, Rabu (23/11/2022).