oleh

Pengaruh Masuknya Investor Asing ke Start Up Lokal

Buletin Indonesia News.com

JAKARTA,- Amvesindo atau Asosiasi Modal Ventura untuk Start-up Indonesia menilai bahwa masuknya investor asing ke stratup dalam negeri akan memberikan dampak baik dan buruk.

Eddi Danusaputro selaku Ketua Umum Amvesindo memaparkan, bahwa Indonesia masih menjadi daya tarik bagi investor asing. Selain jumlah penduduk yang banyak, penduduk Indonesia juga sangat senang berbelanja.

Hanya saja, masuknya investasi asing secara tidak langsung membuat pasaran yang ada di Indonesia dikuasi oleh startup asing. Padahal sudah seharusnya startup lokallah yang menguasai pasar dalam negeri.

“Ini seperti buah simalakama. Mereka senang investasi di sini, terus kita yang jadi market mereka. Mereka ngejar itu. Kita enggak bisa hanya jadi market atau player. Teknologinya bukan dari kita, pencipta lapangan kerjanya juga terbatas,” kata Eddi, Rabu (09/11/2022).

Eddi juga mengajak seluruh startup Indonesia untuk terus berinovasi, agar ketika sudah sukses di dalam negeri dapat segera melakukan ekspansi ke luar negeri.

“Jadi menurut saya langkah pertama memang market kita harus terima kenyataan itu. Tapi kalau startup Indonesia yang dibikin oleh orang Indonesia dan sukses, kita nggak bisa hanya di Indonesia saja. Saya memberi tantangan kepada teman-teman di start up, di unicorns kalian harus ekspansi ke luar negeri,” pungkasnya.