Penyaluran BST Harus Dipercepat, Mensos Perintahkan Dirut PT. Pos Tambahkan Titik Penyaluran dan Perpanjang Waktu Layanan

Penyaluran BST Harus Dipercepat, Mensos Perintahkan Dirut PT. Pos Tambahkan Titik Penyaluran dan Perpanjang Waktu Layanan

Buletin Indonesia News,

Jakarta – Menteri Sosial Juliari P. Batubara langsung menindaklanjuti arahan Presiden Joko Widodo untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial tunai (BST) tahap ke I. Mensos memerintahkan kepada Direktur Utama PT Pos Indonesia Gilarsi Wahyu Setijono agar mengakselerasi penyaluran BST lebih cepat.

“Kami langsung menindak-lanjuti arahan Presiden Joko Widodo agar mempercepat penyaluran BST. Saya sudah menempuh sejumlah langkah baik terkait dengan PT Pos maupun dengan satuan kerja terkait lainnya di Kementerian Sosial,” Terang Juliari belum lama ini.

Kepada PT. Pos, Mensos memerintahkan agar menambah loket-loket di Kantor Pos, titik penyaluran di komunitas. Selama ini PT. Pos sudah melakukan penjangkuan melalui komunitas, namun Mensos menilai masih kurang banyak.
Mensos meminta PT Pos agar bisa lebih mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dengan memperbanyak tempat penyaluran bisa di kantor desa, di sekolah, di RW atau lokasi yang mudah diakses Keluarga Penerima Manfaat (KPM) lingkungan setempat.

“Saya minta tiitik-titik penyaluran tersebut ditambah dalam waktu secepat mungkin. Saya juga minta penambahan titik penyaluran di komunitas tersebut bisa memastikan BST lebih cepat tersalurkan. Hal ini untuk memperluas jangkauan dan cover layanan,” ucap Mensos.

Untuk meningkatkan volume penyaluran, dan memberikan kesempatan lebih luas melayani KPM yang menerima BST, Mensos juga memerintahkan PT Pos untuk memperpanjang durasi penyaluran.

“Dari mulai jam 07.00 sampai dengan selesai/malam setiap hari. Dengan demikian akan semakin banyak masyarakat yang bisa dilayani,” paparnya.
Mensos juga memerintahkan kepada Direktorat Jenderal Penanganan Fakir Miskin (PFM), untuk terus memonitor dan melaporkan setiap waktu percepatan penyaluran BST.

“Dengan langkah-langkah ini, mudah-mudahan penyaluran BST bisa berlangsung cepat dan lancar, namun dengan mematuhi protokol Kesehatan dalam pelaksanaan penyalurannya. Diharapkan, sebelum Hari Raya Idul Fitri, BST Tahap I telah tersalurkan,” tutupnya.

(TS/A)

BULETIN INDONESIA NEWS

%d blogger menyukai ini: