oleh

Peran Penting Keluarga Dalam Upaya P4GN

-Ciamis-153 views
Kegiatan Sosialisasi Bahaya P4GN Kepada Keluarga (Foto : Lilis Susilawati)

 

Buletin Indonesia News

CIAMIS, — Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis melalui seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) menyelenggarakan program advokasi melalui kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) kepada para Keluarga bertempat di Aisyah Meeting Room The Priangan Hotel Ciamis yang dilaksanakan pada tanggal 26 – 28 September 2017.

Peserta kegiatan tersebut merupakan perwakilan dari tiga Kecamatan yaitu hari pertama dari Kecamatan Cipaku, hari kedua dari Kecamatan Sadananya dan hari ketiga dari Kecamatan Cikoneng.

Menurut Kasi P2M Deny Setiawan,S.Sos., MM.,berharap kegiatan ini dapat meningkatkan sinergitas dalam upaya P4GN , meningkatkan kesadaran dan peran serta keluarga dalam menciptakan lingkungan keluarga terbebas dari penyalahgunaan narkoba.

“Lingkungan keluarga adalah lingkungan pertama yang diharapkan mampu menjadi benteng bagi anak-anak terhadap penyalahgunaan narkoba. Pencegahan penyalahgunaan narkoba harus dimulai dari keluarga, bila keluarga imun terhadap narkoba maka akan  mampu membentengi keluarganya dari penyalahgunaan narkoba,” jelasnya, Rabu (27/09/17).

Sementara itu, Kepala BNNK Ciamis AKBP. Yaya Satyanagara saat memaparkan materinya yang berjudul Kebijakan Penanganan Kejahatan Narkoba dan Peran Keluarga dalam Penanganan Pecandu / Penyalahgunaan Narkoba mengatakan bahwakegiatan ini menyampaikan bahwa permasalahan narkoba merupakan kejahatan luar biasa (exrtraordinary crimes), serta kejahatan serius (serious crimes) yang dapat mengancam wawasan kebangsaan negara ini.

“Peredaran narkotika tidak hanya diperkotaan besar saja namun sudah merambah ke pelosok desa, maka upaya pencegahan harus terus ditingkatkan salah satunya dengan kegiatan seperti ini,” terangnya.

Pihaknya mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama dalam upaya P4GN dan siap untuk bersinergi dengan pihak manapun untuk menyelamatkan masyarakat khususnya generasi muda dari ancaman narkoba.

“Kegiatan KIE P4GN kepada keluarga ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan jangan terputus di tempat ini saja. Peserta yang hadir harus bisa memberikan pemahaman kepada anggota keluarga lain tentang bahaya narkoba,” paparnya.

Lanjut Dia, pencegahan itu dimulai dari Lingkungan Keluarga, untuk membentuk imunitas keluarga tidak cukup hanya dalam satu-dua kali kegiatan, tapi dibutuhkan suatu program pencegahan yang berkesinambungan. Keluarga merupakan pondasi pertama dari tatanan masyarakat.  Jika pondasinya kokoh,  maka masyarakatnya juga kokoh. Jika setiap keluarga khususnya di Kabupaten Ciamis mampu mengokohkan seluruh anggotanya agar tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan Narkoba,  maka tidak menutup kemungkinan Kabupaten Ciamis akan bersih dari penyalahgunaan Narkoba.

“Usaha preventif dengan langkah-langkah yang bersifat humanis, pola asuh yang diterapkan dalam keluarga akan memberikan cerminan terhadap kualitas individua, setiap anggota keluarga diharapkan dapat memperoleh pemahaman terhadap permasalahan bahaya narkoba, mengembangkan komunikasi untuk mampu menolak narkoba dan meningkatkan fungsi dari setiap individu dalam keluarga yang terbebas dari narkoba,” pungkasnya.

Reporter : Lilis Susilawati

Komentar

News Feed