Personil Polres Banjar Berikan Pembekalan Para Calon Paskibraka Kota Banjar

Buletin Indonesia News.com

Banjar, — Polres Banjar bekerja sama dengan Purna Paskibraka dan Badan Kesbangpol Kota Banjar. Menyelenggarakan Diklatsar Kepemimpinan dan Kedisiplinan untuk calon anggota paskibraka kota Banjar, kegiatan dilaksanakan di Aula Somahna Bagja Di Buana Kantor Setda Kota Banjar, Sabtu (28/01/2023).

Dalam diklatsar tersebut, Panit I Binmas Polsek Banjar Aipda Yadi Heratriyadi memberikan arahan mengenai Kepemimpinan dan Kedisiplinan di hadapan puluhan calon anggota Paskibra Kota Banjar. Dalam arahannya Yadi menyampaikan masalah pemenuhan hak anak di sekolah dan di lingkungan masyarakat, antisipasi perundungan di lingkungan Sekolah, antisipasi Geng motor, Miras, Narkoba, antisipasi kenakalan remaja, pergaulan bebas, wawasan Kebangsaan.

Lebih lanjut Yadi juga menyampaikan, bahwa tugas Kepolisian harus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam memberikan pelayanan yang maksimal.

“Salah satunya dengan memberikan pembinaan kepemimpinan dan kedisiplinan kepada siswa Calon Anggota Paskibraka Kota Banjar, agar tidak menjadi korban atau pelaku bullying (perundungan) baik fisik, psikis, melalui perkataan, tulisan dan melalui Medsos,” paparnya.

“Kemudian juga hindari Geng gerombolan motor dan kenakalan remaja seperti mabuk -mabukan dengan miras, perkelahian antar sekolah, hindari Narkoba, pergaulan bebas, LGBT, Wawasan kebangsaan dan 4 pilar kebangsaan yaitu Pancasila,UUD 1945, BHINEKA TUNGGAL IKA, NKRI HARGA MATI,” ujar Aipda Yadi.

Menanggapi kegiatan yang dilaksanakan oleh Panit I Binmas Polsek Banjar, Kapolres Banjar AKBP Bayu Catur Prabowo melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Banjar Aipda Nandi Darmawan menyampaikan, terselenggaranya kegiatan tersebut atas kerjasama pihak kepolisian dengan instansi pihak Purna Paskibraka yang berada dibawah naungan Dinas Kesbangpol Kota Banjar.

“Tentunya kegiatan Diklatsar tersebut perlu berkesinambungan, konsisten dan terjadwal dalam melaksanakan tugas di bidang kamtibmas, perlu dukungan penuh serta sinergitas yang berkualitas demi memotivasi generasi muda yang Cinta Tanah Air,” ucap Nandi.

Senada dengan Nandi, Ketua Umum Purna Paskibraka Indonesia Kota Banjar Rizky Febriansyah menyampaikan, kegiatan dilaksanakan selama 2 hari terdiri dari teori dan praktek yg diikuti oleh 200 peserta paskibra sekolah dari tingkat SMP & SMA se-kota Banjar.

“Materi yg disampaikan oleh Purna paskibraka adalah tentang Peraturan Baris Berbaris, tata upacara bendera, ideologi pancasila, sejarah & wawasan kebangsaan serta sosialisasi persiapan seleksi paskibraka tahun 2023,” ucap Rizky

“Harapan kami dengan kegiatan ini, Mudah-mudahan para pelajar semakin memiliki rasa cinta tanah air dan wawasan yg luas dan ilmu-ilmu yg disampaikan oleh para narasumber bisa diterapkan di sekolah dan lingkungan masing-masing,” ucapnya.

(Bayu)