oleh

Pesan Jokowi ke Capres 2024 : Jangan Politisasi SARA!

Buletin Indonesia News.com

SURAKARTA, Jateng —Presiden Joko Widodo mengingatkan kepada bakal calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) untuk tidak melakukan politisasi Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan (SARA) menjelang Pemilu 2024. Peringatan itu disampaikan Jokowi saat membuka Musyawarah Nasional ke-17 HIPMI di Surakarta, Jawa Tengah, Senin (21/11/2022).

Awalnya, Jokowi mengingatkan kepada capres dan cawapres agar membangun suasana politik dengan baik. Jokowi mempersilakan agar dilaksanakannya debat bagi capres dan cawapres. Ia mempersilakan para calon pemimpin bangsa berdebat gagasan dan ide. Tujuannya untuk membawa Indonesia menjadi lebih baik.

“Tapi jangan sampai panas. Apalagi membawa politik-politik SARA. Tidak, jangan. Politisasi agama, tidak jangan. Setuju? Politisasi agama jangan. Jangan,” tegas Jokowi.

Lebih lanjut, Jokowi mengatakan kalau masyarakat sudah merasakan politisasi SARA. Hal itu pun terbawa lama hingga sekarang. Menurutnya, apabila kedua hal tersebut diteruskan maka akan sangat berbahaya bagi bangsa Indonesia.

Jokowi juga mengingatkan saat ini situasi dunia sedang tidak berjalan normal. Berbagai krisis mengancam situasi ekonomi dan sosial banyak negara, seperti krisis pangan, energi, dan finansial. Jika ancaman krisis ditambah dengan instabilitas politik dalam negeri, maka tingkat kerentanan akan meningkat.

Jokowi menitip pesan, kita semua harus menjaga kondusivitas, agar situasi politik tetap adem.