Pesantren, Kolam dan Sawah Warga Diremdam Air Akibat Tanggul Cigobang Jebol

Pesantren, Kolam dan Sawah Warga Diremdam Air Akibat Tanggul Cigobang Jebol

MANONJAYA-TASIKMALAYA, buletinindonesianews.com – Musim penghujan di Tasikmalaya Timur cukup tinggi, guyuran hujan dari jam 15.00 menyebabkan saluran irigasi Cimulu naik, akhirnya saluran irigasi tersier Cigobang tidak mampu menahan derasnya air yang menyebabkan tanggul jebol.

Jebolnya tanggul saluran irigasi Cigobang di Kamp. Cikadu Desa Cilangkap Kecamatan Manonjaya Kab. Tasikmalaya mengakibatkan persawahan, kolam, dan halaman Pesantren HQ terendam air dari saluran irigasi Cigobang.

Halaman Pesantren HQ, sawah dan kolam tetendan air yang diakibatkan tanggul saluran Cigobang jebol

Derasnya air dari saluran Cigobang, yang merendam lingkungan sekitar warga tidak dapat mengatasinya dikarenkan keterbatasan alat-alat untuk menutupi atau mengatasi tanggul yang jebol tersebut.

Menurut Asep warga setempat mengatakan setiap curah hujan tinggi tanggul Cigobang sering jebol. kali ini jebol tanggul Cigobang cukup besar, sehingga merendam persawahan dan kolam di sekitar.

terlihat warga dijalan yang terendam banjir akibat jebol dari saluran Cigobang

“Tanggul saluran Cigobang sering jebol ketika saluran air naik, apalagi curah hujan besar, tetapi belum diatasi secara serius dari Pemerintah atau PU,” ucap Asep saat melihat lokasi jebolnya tanggul, Rabu (13/01/2021).

Untuk pengajuan perbaikan saluran tersebut sudah di masukan atau di usulkan, bahkan lewat proposal di tujukan ke Dinas PU Bidang PSDA Kab. Tasikmlaya tetapi tidak ada realisasinya, sambungnya.

Hal senada dikatakan M. Parid, luapan air dari Cigobang begitu besar, kalau bisa tutup dengan plastik atau karung untuk mengurangi derasnya air yang mengalir persawahan, pesantren dan jalan .

Menurutnya pihak pemerintah cepat tanggap terhadap bencana seperti ini, bahkan dengan mengatasinya.

“Tanggul jebol ini bukan kali ini saja tetapi sudah berkali-kali, tapi belum ada perhatian dari pihak terkait, sudah banyak kerugian dirasakan warga sekitar yang diakibatkan jebolnya tanggul tersebut,” pungkasnya.

(Asjen)

Admin BIN