oleh

Pohon Tumbang Timpa Mobil Pegawai Bank Mandiri

Buletin Indonesia News.com

CIAMIS, Jabar — Pohon Trambesi yang berdiri di depan Bank Mandiri Cabang Ciamis tumbang dan menimpa sebuah mobil sehingga sempat menimbulkan kemacetan, Jumat (22/10/2021) sore.

Pohon tumbang tersebut menutupi hampir seluruh badan jalan dan sempat menimbulkan kemacetan, atas kerjasama tim dari Dinas Pemukiman Rakyat dan Lingkungan Hidup (DPRLH) Ciamis dan BPBD Ciamis langsung memangkas batang-batang pohon menggunakan gergaji mesin (Sensho) dan membersihkan potongan-potongan dahan pohon tersebut.

Kepala Bidang (Kabid) Darurat Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis, Memet Hikmat, mengatakan setelah menerima laporan ada pohon tumbang di jalan Jendral Ahmad Yani pihaknya bersama tim Pusat Pengendalian Operasi (Pudalops) BPBD Ciamis langsung meluncur ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

“Ketika sampai di TKP, saya melihat pohon tumbang menimpa sebuah mobil kijang, kami langsung mengamankan dan mensterilkan lokasi,” katanya.

Menurutnya curah hujan hari ini di seputaran kota Ciamis yang disertai angin menimbulkan tumbangnya pohon tersebut, dijelaskannya pohon trambesi memang rentan tumbang, karena apabila daunnya lebat dahannya tidak kuat untuk menahan beban.

“Curah hujan yang tinggi disertai angin kencang sangat pohon trambesi ini rentan rentan tumbang, apalagi mungkin karena akarnya sudah lapuk dan pohon itu sendiri tidak mampu menahan beban makanya tumbang,” jelasnya.

Untuk mencegah kejadian serupa pihaknya memangkas juga pohon trambesi yang ada di sebelah timur gerbang keluar Bank Mandiri, hal tersebut dilakukan agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Kami memangkas pohon yang satunya, karena usianya sudah tua dikhawatirkan akan tumbang, karena pohon ini tumbuh di jalan nasional maka perizinan kami akan urus,” ucapnya.

Sementara Juru Parkir di Bank Mandiri, Supriyanto menjelaskan bahwa sebelum kejadian dirinya sudah mengingatkan yang punya mobil dengat plat nomot Z 1892 WY, H Cece salah seorang pegawai Bank Mandiri untuk tidak memarkir kendaraannya di bawah pohon.

“Tadi saya sudah bilang ke bapak yang punya mobil, jangan parkir disitu pak itu pohonya takut tumbang, tapi tidak digubris,” ucapnya.

Dikatakanya, ketika pohon tersebut tumbang dan menimpa mobil ia melihat dengan mata sendiri, tumbangnya perlahan lalu menimpa mobil yang terparkir di bawahnya.

“Tumbangnya sih perlahan terus terdengar suara brak dan mobil itu tertimpa di bagian belakangnya,” jelasnya.

Alhamdulillah tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, Supriyanto berharap dan saat kejadian di dalam mobil tidak ada penumpangnya. “Semoga tidak ada lagi kejadian seperti ini,” pungkasnya. (Nank Irawan**)

News Feed