Polres Ciamis Akhirnya Ciduk 10 Pelaku Kriminal Ditengah Pandemi Covid-19

Polres Ciamis Akhirnya Ciduk 10 Pelaku Kriminal Ditengah Pandemi Covid-19

Buletin Indonesia News
CIAMIS,–
Kepolisian Resort Ciamis akhirnya berhasil mengamankan 10 orang pelaku Kriminal di Wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Dalam konferensi Pers yang digelar di Mapolres Ciamis, Senin (05/05/20/), Kapolres Ciamis AKBP. Dony Eka Putra, S.H., S.IK., M.H mengatakan 10 pelaku kriminal ini dengan kasus yang berbeda-beda. Dony menilai ditengah Pandemi Covid-19 ini tindakan kriminal menambah keresahan masyarakat sehingga pihak kepolisian akan terus meningkatkan Kamtibmas yang juga didukung peran masyarakat.
Kapolres menjelaskan, tindakan kriminal yang berhasil mereka (Satreskrim_Red) amankan diantaranya kasus Tindak Pidana Penipuan atau Penggelapan Kendaraan Bermotor dengan tersangka EM (21) warga Kabupaten Cianjur yang diancam dengan hukumana maksimal 4 tahun penjara sesuai pasal 378 dan atau 372 KUHPidana.

“Kita juga berhasil mengamankan tersangka kasus pencurian ternak dengan tersangka berinisial C (41), M (42), SA (39) termasuk tersangka MA (26) sebagai penadah dari ternak curian ini. Mereka semua berasal dari Kabupaten Cirebon. Atas perbuatan mereka, diancam pidana paling lama 7 tahun penjara sesuai pasal 363 KUHPidana. Untuk tersangka Pelaku penadahan melanggar pasal 480 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara 4 tahun penjara” papar Kapolres.

Selain itu, Polres Ciamis juga mengungkap 3 (tiga) tersangka pembobol ATM, yakni berinisial M (43), Y (45) sedangkan insial I saat ini berstatus DPO. Menurut Kapolres, komplotan ini melanggar pasal 362 Jo 363 Ayat (4) KUHPidana dengan ancaman pidana penjara paling lama 5 (lima) tahun.

“Untuk kasus pencurian dan pemberatan, Tersangka inisial KM (18) warga Langkap Lancar Kabupaten Pangandaran dengan TKP kecamatan Kawali Kabupaten Ciamis juga berhasil kita amankan. Tersangka ini terjerat Pasal 363 ayat 1 ke-3 ke-4 ke-5 KUHPidana dengan Ancaman hukuman 7 tahun penjara” Ungkap AKBP. Dony.
Sementara itu, satu tersangka lain dengan kasus pencurian uang tunai berinisial E (69) juga berhasil diciduk. Tersangka, warga Panawangan Kabupaten Ciamis ini adalah merupakan Mantan Narapidana yang mendapat Asimilasi di Lapas kelas II B Ciamis beberaa waktu lalu. Menurut Kapolres, Tersangka ini akan dikembalikan ke Lapas Ciamis.
Kapolres juga menghimbau kepada seluruh Warga Ciamis dan Pangandaran yang merupakan Wilayah Hukum Polres untuk tetap tenang dan waspada dengan meningkatkan Kamtibmas melalui kegiatan pos ronda dan giat lainnya hingga ke tingkat RT. Pihaknya juga menegaskan agar warga jangan main hakim sendiri ketika mendapatkan orang yang diduga melakukan kejahatan kriminal.

Dony menegaskan, dari para tersangka yang berhasil diamankan ini sudah mengamankan berbagai macam barang bukti dengan TKP yang berbeda-beda untuk setiap Tersangka.
“Ditengah Pandemi Covid-19 ini ayo kita semua sama-sama menjaga kondusifitas, tetap mengindahkan himbauan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Virus Korona agar situasi dapat kembali normal, dan beraktifitas seperti biasa” papar Kapolres Ciamis.
(Laporan : Agus Firman)

Admin BIN

%d blogger menyukai ini: