Polres Ciamis Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Ratusan Liter Miras Tradisional.

Polres Ciamis Musnahkan Ribuan Botol Miras dan Ratusan Liter Miras Tradisional.

CIAMIS, buletinindonesianews.com – Polres Ciamis memusnahkan ribuan  botol minuman keras (Miras) sebagai barang bukti hasil operasi cipta kondisi menjelang Ops Lilin Lodaya 2020
secara simbolis Kapolres Ciamis, AKBP Dony Eka Putra didampingi Bupati Ciamis, DR. H Herdiat Sunarya, Ketua DPRD, H. Nanang Permana, Dandim Ciamis, Letkol, Dadan Ramdani dan unsur Forkopimda lainnya  melakukan pemusnahan miras tersebut.

Diawali dengan penandatanganan berita acara oleh Bupati, Ketua DPRD, Ketua MUI dan Ketua BNNK, barang bukti sebanyak 3.775 botol miras berbagai jenis dan miras tradisional sebanyak 665 liter itu dimusnahkan dengan digilas stoom wals di Alun-alun Ciamis, Rabu (30/12/2020).

Menurut Kapolres, pemusnahan miras tersebut dalam rangka untuk menciptakan kondisi menjelang malam pergantian tahun 2021, sesuai dengan himbauan pemerintah pusat, gubernur, bupati dan maklumat dari Kapolri bahwa tidak ada kerumunan, tidak ada konvoi kendaraan dan menyalakan kembang api di malam tahun baru.

“Dalam perayaan malam pergantian tahun baru tidak boleh ada kegiatan yang sifatnya menimbulkan kerumunan massa, ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat dan mencegah penularan Covid-19,” katanya.

Dijelaskan Kapolres, miras tersebut merupakan hasil operasi di sejumlah penjual yang ada di Kabupaten Ciamis dan Pangandaran, diharapkan pada malam pergantian tahun berjalan aman, kondusif, tidak ada kerumunan, menyalakan kembang api dan konvoi kendaraan, pihaknya juga akan selalu mengantisipasi berbagai hal seperti terorisme, kejahatan konfensional, kenaikan harga sembako, konflik sosial dan kerawanan Kamtibmas dan lainnya.

“Mari masyarakat Tatar Galuh Ciamis untuk merayakan tahun baru di rumah jangan berkerumun, konvoi kendaraan, main petasan atau kembang api, hura-hura atau mabuk-mabukan, jangan lupa tetap mempedomani protokol kesehatan,” tegasnya.

Hal senada diungkapkan Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menurutnya pemusnahan tersebut merupakan hasil razia pihak kepolisian, hal tersebut untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan akibat menenggak miras.

“Saya harap masyarakat melaksanakan pergantian tahun di rumah, tidak boleh ada kerumunan, konvoi kendaraan, menyalakan kembang api, semoga dimalam pergantian tahun dapat berjalan aman, nyaman dan kondusif,” ucapnya.

Dikatakannya, peredaran miras di Ciamis memang ada kebanyakan miras tradisional dan itupun sering di razia pihak kepolisian, Bupati juga menghimbau kepada masyarakat Tatar Galuh Ciamis untuk selalu mempedomani protokol kesehatan.

“Saya harap masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan dengan selalu memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak agar dapat memutus rantai penyebaran Covid-19 di Ciamis,” pungkasnya.

(Nank)

Admin BIN