oleh

PP MPC Ciamis Serentak Gelar Bhaksos Di 27 PAC se-Kabupaten

Buletinindonesianews.com
CIAMIS, —
Untuk mewujudkan perhatian dan kepedulian kepada masyarakat, Ormas Pemuda Pancasila (PP) MPC Ciamis serentak menggelar Bhakti Sosial di seluruh PAC yang tersebar di 27 Kecamatan dengan membagikan takjil secara gratis, membagikan sembako, masker serta menyantuni anak yatim dan jompo.

Ketua PP MPC Ciamis, Dani Hendra Diningrat, S.H mengatakan gerakan bhaksos ini untuk membantu dan meringankan beban masyarakat dalam melaksanakan ibadah puasa ditengah Pandemi Covid-19.
Jauh sebelum memasuki Bulan Suci Ramadhan, Dani bersama pengurus inti MPC lainnya sudah menginstruksikan kepada seluruh Pengurus Anak Cabang (PAC) di seluruh Kecamatan untuk terus menggelar bhakti sosial.

“Alhamdulillah hari ini, Jumat ( 07/05/21) kita lakukan serentakĀ  di setiap pusat kecamatan. Dan Kita dari MPC melaksanakannya di sekitar Alun-Alun Ciamis” papar Dani.

Keterangan : PP MPC Ciamis Menyantuni Anak Yatim

Dia menambahkan, keberadaan Ormas PP khususnya di Kabupaten Ciamis harus menjadi solusi dalam setiap persoalan sosial seperti bencana dan permasalahan sosial lainnya sehingga benar-benar terjalin hubungan silaturahmi yang baik dengan masyarakat. “Salah satu fungsi Ormas adalah sebagai sosial kontrol dalam setiap kebijakan pemerintah, namun kita tetap membangun sinergitas demi percepatan pembangunan Ciamis baik dalam dunia pendidikan, kesehatan, sosial, ekonomi, infrastruktur dan lainnya tanpa mengurangi nilai-nilai seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Ormas (Organisasi Kemasyarakatan)” jelas Dani.

Dani mengatakan, Ormas memang memiliki Hak dan Kewajiban dalam amanat UU Nomor 17 Tahun 2013 Tentang Ormas ini, dan sudah dituangkan dalam Bab VI pasal 20 dan pasal 21″ ungkapnya.

Dani menjelaskan, pada pasal 20, Ormas mengatur dan mengurus rumah tangga organisasi secara mandiri dan terbuka; memperoleh hak atas kekayaan intelektual untuk nama dan lambang Ormas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan; memperjuangkan cita-cita dan tujuan organisasi; melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan organisasi; mendapatkan perlindungan hukum terhadap keberadaan dan kegiatan organisasi; dan melakukan kerja sama dengan Pemerintah, Pemerintah Daerah, swasta, Ormas lain, dan pihak lain dalam rangka pengembangan dan keberlanjutan organisasi.

“Pada pasal 21, kita juga sudah memiliki kewajiban untuk melaksanakan kegiatan sesuai dengan tujuan organisasi; menjaga persatuan dan kesatuan bangsa serta keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia; memelihara nilai agama, budaya, moral, etika, dan norma kesusilaan serta memberikan manfaat untuk masyarakat; menjaga ketertiban umum dan terciptanya kedamaian dalam masyarakat; melakukan pengelolaan keuangan secara transparan dan akuntabel; dan berpartisipasi dalam pencapaian tujuan negara” papar Dani.

Keterangan : Gelar Bhaksos Juga Serentak Dilaksanakan Di Semua PAC

Melalui gelar Bhakti Sosial inilah Dani berharap seluruh anggota PP Ciamis yang tersebar di seluruh Kecamatan untuk terus berbakti dan sebagai pemberi solusi kepada masyarakat sekaligus membangun dan mindset yang positif dengan keberadaan Ormas Pemuda Pancasila. Kalau ada oknum-oknum anggotanya yang meresahkan, Dani meminta kepada masyarakat untuk segera melaporkannya ke kantor sekretariat MPC di Jalan Jenderal Sudirman. “Insyaalloh akan segera kita sikapi” tegasnya.

Demi meningkatkan kualitas anggota, Pemuda Pancasila MPC Ciamis ke depan akan mengadakan pelatihan-pelatihan seperti baik dalam kategori kebijakan birorkrasi pemerintah, pendidikan dan sosial dan lain sebagainya termasuk melakukan kajian dalam sebuah kebijakan sehingga PP akan melakukan peran sebagai pelaku koreksi dan pemberi solusi agar tercipta kebijakan pemerintah yang adil dan menyentuh masyarakat.

**(Agus/ Nanang Irawan)

News Feed