Proyek Ala Koboy?, Diduga Melanggar Perda

Proyek Ala Koboy?, Diduga Melanggar Perda

DEPOK, buletinindonesianews.com – Proyek Pekerjaan Penurapan Kali Cabang Barat, di Kelurahan Cipayung Kota Depok, yang dilakukan para pekerja yaitu dengan pembuangan dan pembakaran hasil penebangan pohon-pohon di pinggir Kali (Sungai) tersebut, bahkan dapat menimbulkan pencemaran air sungai dan polusi udara.

Para pekerja sedang melaksanakan kegiatan babadan, pembakaran dan penggalian di pinggir sungai

Menurut warga di sekitar sungai mengatakan tidak tahu tentang adanya pekerjaan di kali/sungai, memang ada yang pembersihan di sekitar sungai tetapi dari mana itu tidak tahu.

Ditambahkannya, Dilokasi pekerjaan tidak ditemukan papan informasi/pengumuman tentang pekerjaan apa dari mana?, tidak terlihat mandornya atau pengawas di tempat juga.

“yang bekerja banyak cuman tidak terlihat mandor atau pengawas diseputar kali, tidak tahu itu apa,” cetus warga disekitar Kali Cabang Barat Depok, Selasa (24/11/2020).

Ketua Lembaga Advokasi Hukum dan Pendidikan Drs. Jansen Manulang

Menurut Ketua Lembaga Advokasi Hukum dan Pendidikan Drs. Jansen Manulang mengatakan telah terjadinya pelanggaran, bahkan dapat diarahkan ke pidana, yaitu melanggar perda Walikota Depok No. 16 Tahun 2012 Pasal 10, dengan Ancaman Pidana Kurungan selama-lamanya 3 Bulan Penjara atau Denda setinggi-tingginya Rp. 25.000.000 dan Undang-Undang No. 14 Tahun 2008.

Lanjutnya, begitu juga tentang perihal Keterbukaan Informasi Publik, dalam Undang-undang Dasar 1945 Pasal 28 F, yang menyebutkan bahwa setiap Orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosial, seta berhak untuk memperoleh, memiliki, menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Dikatakannya, dengan menghubungi perihal hal tersebut, kepada pihak terkait yaitu Kepala Dinas PUPR dan Kabid SDA melalui telepon dan chat WA. Namun belum ada jawaban dari Dinas, untuk menanyakan pelaksanaan proyek penurapan kali Cabang Barat tidak dicantumkan anggaran untuk pembuangan dan pembersihan hasil penebangan Pohon-pohon.

“Dambaan masyarakat adanya aliran air sungai bersih dan Udara segar, apakah dapat terjadi? Jika ada model pekerjaan itu seperti Ala Koboy, demikian halnya juga hak publik untuk mendapatkan Informasi seperti proyek pekerjaan yang ada di Pemkot Depok,”tandasnya.

(Lando).

Admin BIN