oleh

PT Timah Serahkan Bantuan untuk Korban Puting Beliung di Desa Bencah

Buletinindonesianews.com

Bencah, Bangka Selatan — Sebanyak 241 rumah warga di Desa Bencah, Kabupaten Bangka Selatan rusak akibat diterjang angin puting beliung, Selasa (7/12/2021). Untuk meringankan beban korban terdampak, PT Timah Tbk menyerahkan bantuan untuk memperbaiki rumah warga, Selasa (14/12/2021).

Bantuan ini disalurkan kepada Pemerintah Desa Bencah yang nantinya akan disalurkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Kepala Desa Bencah Heri Purnomo mengatakan, sebanyak 100 rumah warga rusak parah, 100 rumah rusak ringan dan 41 rumah rusak sedang.

Ia menyebutkan, sebelumnya angin putting beliung juga pernah terjadi pada tahun 2011 silam, namun tidak separah saat ini. Oleh karena itu, bantuan dari PT Timah Tbk ini memang sangat dibutuhkan masyarakat.

Pihaknya, sangat mengapresiasi  PT Timah Tbk yang telah membantu masyarakatnya, menurutnya bukan hanya kali ini saja PT Timah Tbk membantu warga mereka.

“Saya selaku kepala desa mewakili warga sangat berterimakasih kepada PT Timah Tbk yang sudah banyak membantu warga Desa Bencah. Kami merasa senang atas kepedualian PT Timah Tbk kepada warga Desa Bencah,” tuturnya.

Bantuan ini, menurutnya akan diserahkan kepada warga yang membutuhkan dalam bentuk bahan material, karena banyak warga mengalami kerusakan atap rumah.

“Nanti  kami salurkan kepada warga yang membutuhkan  misalnya untuk membeli asbes dan lainnya karena kan atap rumah warga yang banyak rusak,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu korban bencana Puting Beliung, Hasan Basri menceritakan dirinya saat itu baru pulang dari kebun, sekitar pukul 12.00 WIB rumahnya dihantam putting beliung sekitar 20 detik. Hal ini menyebabkan asbes rumahnya mengalami rusak parah.

“Pada adzan Zuhur saya pulang dari kebun untuk mandi, baru 5 menit sampai rumah , terjadilah angin puting beliung selama kurang lebih 20 detik. Setelah itu, berlangsunglah hujan deras di Desa Bencah. Anginnya datang dari belakang rumah saya dan menyebabkan asbes dan kayu untuk atap rusak parah hanya tersisa beton rumah,” katanya.

“Oleh karena itu, saya dan keluarga mengungsi kerumah mertua karena rumah saya sudah tidak bisa dihuni lagi,” sambung.

Ia mengapresiasi PT Timah Tbk yang cepat tanggap membantu warga yang mengalami musibah.

“Saya mengucapkan terimakasih banyak kepada PT Timah yang sangat membantu banyak warga ketika mengalami musibah seperti ini. PT Timah juga selalu cepat tanggap saat melihat kondisi warga yang mengalami kesulitan. Semoga PT Timah semakin jaya dan selalu membantu seluruh masyarakat yang mengalami kesulitan. PT Timah juga semakin sukses dan maju untuk kedepannya,” tambahnya.

Senada, Sugian Suhaili mengatakan, akibat angin puting beliung yang mengakibatkan pagar ambruk, asbes dan atap dalam rumah rusak.

“Pada saat terjadi angin puting beliung awalnya membuat saya panik tetapi saya melihat di isi rumah tidak ada masalah dan keluarga saya tidak terluka. Saya tidak terlalu panik dalam mengahadapinya. Pagar rumah dan beton yang mengelilingi rumah saya ikut ambruk, asbes dan atap didalam rumah saya juga ikut rusak,” ceritanya.

Ia bersyukur mendapatkan bantuan dari PT Timah Tbk, sehingga dapat meringankan bebannya untuk memperbaiki rumahnya.

“Saya berharap semoga PT Timah Tbk selalu memberikan yang terbaik bagi seluruh warga. PT Timah juga selalu menolong warga yang kesulitan dalam berbagai situasi yang dialami,” tutupnya.

**

News Feed