oleh

Puseur Galuh SMA Informatika Ciamis Siap Berprestasi

Buletin Indonesia News

Ciamis ,– Puseur Galuh sebagai Ekstra Kurikuler kearifan lokal yang hanya di miliki oleh SMA Informatika Ciamis, siap berprestasi di dalam dan di luar Sekolah.

Bahan ajar yang diberikan kepada anggota Ekstra Kurikuler diantarnya Seni Tradisional khusunya unsur-unsur budaya Lokalitas yang sudah hampir punah. Hal itu diungkapkan Guru Pembimbing Ekskul Heri Heryana, Kamis (19/10/17).

Pusat Seni Tradisional kata Dia, sudah berdiri sejak tahun 2013 silam dan sudah memiliki 4 cabang, yakni Puseur Galuh Pancaniti khas SMA Informatika,  Puseur Galuh Khas Umum Paguyuban, Puseur Galuh Paripurna Ikatan Alumni, dan Puseur Galuh Amarta Suta khusus Paguyuban Kertasari.

“Saat ini kesenian tradisional yang sedang di kembangkan kembali adalah seni tari, seni musik tradisional seperti karinding, celempung serta seni pencak silat asli Ciamisan, Ciancan Parepen dan lain-lain,” terangnya.

Pihaknya berharap kegiatan ini mampu mencetak generasi muda yang lebih Nyantri, Nyunda, Nyakola Nyarumasa, Nyawangi dan Nyawarga sesuai moto Puseur Galuh Ciamis.

Reporter : Yania/lst*

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed